Meskipun yoga merupakan olahraga yang mengandalkan ketenangan pikiran, namun manfaat senam yoga begitu beragam. Mulai dari menyehatkan tubuh hingga menurunkan BB, yoga sangat memberi pengaruh.

Jikalau Anda masih belum paham manfaat senam yoga, maka membaca tulisan kami merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya tidak hanya memberikan informasi terkait manfaat yoga, akan tetapi kami pun memberi informasi tentang apa saja jenis-jenis dari yoga. Dengan begitu pengetahuan tentang yoga jadi lebih luas dan Anda dapat menentukan jenis yoga yang akan dipraktekkan. Pasalnya masing-masing jenis yoga itu memiliki manfaatnya yang berbeda. Jadi Anda perlu mencari tahu apa tujuan dari melakukan yoga ini.

5 Jenis Senam Yoga Beserta Manfaatnya

Sebenarnya yoga itu telah muncul sejak ribuan tahun yang lalu. Kemunculan dimulai dari Negara India. Yoga merupakan bahasa sansekerta, artinya adalah kesadaran dan penyatuan jiwa. Jadi sederhananya senam yoga ini dilakukan untuk membawa jiwa serta raga ke kenyataan. Ketika yoha maka aktivitas fisiknya hanya berupa peregangan, meditasi dan pernapasan. Dengan begitu emosi jiwa dan mental akan lebih baik dari sebelumnya. Untuk lebih detil, inilah 5 jenis senam yoga yang dapat Anda lakukan.

1. Yoga Hatha

Senam Yoga Hatha ini sudah melebihi kelas pengantar. Jadi selama melakukan yoga, postur dan teknik penapasannya harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Kemudian yoga jenis ini pun akan difokuskan pada aspek fisik. Meskipun begitu, aspek mental tetap diperhatikan. Apabila Anda ingin membentuk postur tubuh ideal, Yoga Hatha menjadi pilihannya.

2. Yoga Ashtanga

Banyak orang yang mempraktekkan senam yoga jenis ini. Pasalnya manfaat senam yoga ini untuk melatih kekuatan fisik, khususnya otot-otot badan. Ketika Anda melakukan senam ini maka ada 6 postur yang dilakukan. Bahkan Anda pun harus melakukannya dengan tenaga yang kuat. Sehingga banyak pelaku yang merasa tertantang. Bagi yang memiliki otot serta sendi lemah, senam yoga jenis ini tak disarankan untuk dilakukan.

3. Yoga Power

Senam yoga jenis ini diadaptasi dari senam yoga berjanis Ashtanga yang telah diperkenalkan sejak tahun 80-an. Yoga jenis ini terkenal dengan gerakan-gerakan yang dinamins dan begitu menantang. Tak heran setiap pelaku yoga ini pasti memiliki tubuh yang lincah. Jika Anda ingign lebih cekatan dalam beraktifitas, rutin melakukan Yoga Power akan jadi keputusan terbaik.

4. Yoga Bikram

Yoga Bikram ini memiliki 26 gerakan inti dan ditambah 2 rangkaian pernapasan. Ada hal unik dari yoga jenis ini, jadi para pelakunya harus melakukan dalam sebuah ruangan panas. Bahkan suhu dalam ruangannya harus mencapai 40 derajat. Ketika suhu ruangannya panas maka aktivitas yoga akan berikan hasil maksimalnya. Manfaat senam Yoga Bikram ini yang paling utama adalah untuk mengecilkan tubuh. Bagi yanag merasa berlebihan bobot badan, Yoga Bikram dapat diprakatekkan secara rutin.

5. Yoga Iyengar

Dalam Yoga Iyengar ini telah mengimplementasikan penggunaan beragam benda. Contoh benda yang digunakan untuk senam Yoga Iyengar adalah selimut, kursi, tali dan buntalan lain. Jadi fungsi dari benda-benda tersebut nantinya digunakan untuk membentuk postur tubuh. Mendengar penjelasan tersebut, Anda tentu telah sadar bahwa fungsi dari melakukan Yoga Inyengar untuk memiliki postur tubuh yang lebih ideal.

Sejumlah Manfaat Ketika Rutin Melakukan Yoga

Manfaat senam yoga sudah sangat terkenal. Selain untuk merefreshkan pikiran yang stress dan jenuh, yoga pun dapat memberikan sejumlah keuntungan lainnya. Sebaagai contoh adalah, dapat mengatur berat badan. Ketika Anda merasa berat badan mulai tidak terkontrol, maka cobalah untuk melakukan yoga. Tidak hanya pernapasan saja yang diatur dalam senam ini, melainkan kekuatan otot sendi pun ikut diperhatikan. Itulah yang pada akhirnya menjadikan tubuh kehilangan banyak kalori selama mengikuti senam yoga.

Manfaat senam yoga yang berikutnya, dapat mengobati beragam penyakit yang cukup serius. Jadi apabila sewaktu-waktu Anda merasakan gejala penyakit yang cukup serius, jadikanlah senam yoga sebagai solusinya. Beberapa contoh penyakit yang dapat disembuhkan melalui senam yoga antara lain, darah tinggi, arthritis, jantung, kemudian asma, obesitas dan masih banyak lainnya. Jika Anda ingin senam yoga dapat menjadi solusi kesembuhan penyakit, maka lakukan rutin setiap hari.

Manfaat senam yoga yang ketiga, dapat melancarkan sistem perpanasan. Banyak orang perkotaan yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Hal tersebut lambat laun tentu akan memberikan masalah pada sistem pernapasan. Salah satu hal yang sering dialami oleh masyarakat perkotaan adalah sesak napas. Sesak napas terjadi karena debu dan polusi terhirup setiap harinya. Untuk menghilangkan sesak napas, mulai sekarang rutinkan melakukan senam yoga.

Manfaat melakukan senam yoga keempat, dapat mengurangi rasa depresi, stress dan juga gangguan tidur. Permasalahan ini pun seringkali dirasakan oleh masyarakat kota. Bagaimana tidak, setiap harinya karyawan akan diberikan tekanan yang begitu keras. Tekanan dalam bekerja pada akhirnya menimbulkan rasa pusing dan stress. Ketika pikiran sudah stress maka depresi pun akan langsung muncul. Bahkan ada pula yang tak dapat tertidur pulas karena memikirkan begitu banyak pekerjaan di kantor.

Manfaat yang kelima, dapat menjaga kebugaran. Kebugaran tubuh merupakan hal yang wajib dijaga oleh setiap orang. Pasalnya ketika tubuh terasa tidak bugar, seluruh aktivitas akan sangat terhambat. Jika keseharian Anda benar-benar padat dengan pekerjaan, maka kebugaran menjadi aset yang penting untuk dijaga. Dengan begitu segala macam aktivitasnya dapat dilakukan dalam keadaan yang prima dan dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan.

Manfaat keenam, dapat memulihkan otot dan menguatkan otot serta sendi. Apabila Anda mengalami cedera dan menyebabkan salah satu ototnya kendor, maka jangan depresi. Pasalnya otot tersebut dapat dikencangkan kembali melalui cara yang begitu sederhana. Caranya yaitu hanya dengan melakukan yoga. Jadi yoga ini tidak hanya dapat menguatkan otot, melainkan memulihkan otot yang sedang dalam masalah. Jadi pilihlah jenis yoga sesuai tujuan. Jika tujuannya untuk memilihkan otot yang bermasalah, pilihlah jenis yoga yang sesuai.

Manfaat ketujuh, dapat membentuk otot pada tubuh. Jadi sebenarnya apabila menginginkan tubuh yang ideal dan ingin menonjolkan otot tubuh, Anda tidak harus melakukan olahraga berat. Yoga merupakan olahraga yang begitu menyenangkan dan terbilang sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya tersebut, ternyata yoga menyimpan banyak sekali keuntungan bagi setiap pelakunya. Salah satu keuntungan yang akan diberikan adalah, dapat memberikan otot yang kuat dan membentuknya.

Manfaat senam yoga yang terakhir, dapat meringankan cedera. Apakah di sini ada yang belum lama mengalami cedera? Jika iya maka cobalah untuk melakukan yoga. Pasalnya dengan yoga, cedera yang dialami akan berkurang. Bahkan rasa nyeri pun akan langsung menghilang ketika yoga dilakukan. Pilih jenis yoga yang paling tepat, karena kali ini tujuannya untuk menghilangkan nyeri, pilih yoga yang gerakannya pelan dan tidak berat. Dengan begitu semakin bertambahnya waktu, nyeri akibat cedera akan menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.