Bekerja sambil berpuasa memiliki tantangan dan sensasi tersendiri. Apalagi jika Anda seorang pekerja lapangan atau pekerjaan Anda selama bulan Ramadhan banyak. Pasti sangat menuntut semangat tinggi dan tidak boleh malas.

Berpuasa sendirian bukan alasan untuk malas atau tidak produktif. Karena meskipun Anda sedang berpuasa dan perut Anda terasa sangat lapar. Tentu ada solusi yang bisa Anda lakukan kawan. Misalnya, dengan lima tips di bawah ini yang bisa membuat Anda tetap semangat bekerja, meski Anda sedang berpuasa.

1. Meski mengantuk, jangan pernah melewatkan waktu sahur Anda
Makan sahur, juga sarapan biasa. Makan sahur sendiri memiliki peran penting, sehingga tubuh Anda bisa tetap bugar dan tetap semangat melakukan aktivitas saat puasa.
Saat subuh, makanlah makanan yang bisa membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Juga, jangan lupa bahwa makanan sehat juga harus diperhatikan agar tetap sehat selama bulan Ramadhan ini. Tidak hanya sehat, makan sahur juga memiliki nilai ganjaran tersendiri.

2. Memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka puasa dan subuh
Bukan hanya makanan yang harus Anda perhatikan. Tentu saja asupan cairan juga penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh saat puasa. Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan Anda saat berbuka puasa dan juga saat Anda makan sahur.
Bukan sekadar menjaga semangat saat bekerja. Memenuhi kebutuhan cairan Anda saat berpuasa juga mencegah Anda dari dehidrasi dan dapat menghilangkan racun dalam tubuh Anda.

3. Manfaatkan waktu istirahat terbaik
Saat bekerja, tentu Anda akan mendapat waktu untuk istirahat. Meski waktu yang diberikan untuk istirahat tidak terlalu lama. Anda masih dapat menggunakannya untuk mengembalikan rasa antusiasme Anda ketika Anda mulai bekerja lagi. Setelah melakukan shalat tengah malam dan membaca Quran. Anda dapat menggunakan waktu yang tersisa dengan tidur siang. Jangan langsung membuka gadget dan melihat posting yang tidak perlu. Anda lebih baik mengembalikan energi dengan tidur siang

4. Kurangi aktivitas yang bisa membuat semangat Anda menghilang
Manfaatkan waktu terbaik di bulan Ramdaan ini. Jika Anda sibuk dengan tenggat waktu yang cukup di kantor. Alangkah baiknya mengurangi aktivitas di luar pekerjaan yang membuat Anda lebih lelah dan menghilangkan antusiasme Anda selama bekerja. Misalnya, Anda dapat mengganti olahraga berat dengan olahraga sedang, tidak terlalu sering untuk melihat jam atau waktu berbuka puasa.

5. Lakukan dengan orang-orang terdekat
Jangan berbuka puasa sendirian. Meskipun Anda jauh dari keluarga dan orang yang Anda cintai. Anda masih bisa berbuka puasa dengan orang-orang terdekat Anda. Misalnya dengan kolega atau Anda juga bisa dengan teman sewaan atau naik dengan Anda.
Tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Hanya berbuka puasa dan membuatnya sederhana. Selama ada kebersamaan dan iftar Anda tidak sendirian, itu sudah sangat luar biasa. Ketika Anda bekerja, Anda memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan saat berbuka puasa.

6. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa
Waktu istirahat adalah yang paling dinanti saat puasa. Berbagai hidangan makanan dan minuman biasanya akan tersedia di meja makan saat berbuka puasa. Meski begitu, jangan biarkan tergelincir saat berbuka puasa. Terlalu banyak makan saat berbuka puasa akan membuat perut Anda tidak nyaman.
Hindari makan dan minum terlalu banyak karena akan membuat berat badan Anda naik dengan cepat. Kami menyarankan Anda mengingat kandungan nutrisi makanan saat berbuka puasa. Untuk makanan manis Anda bisa makan kurma, jangan minum terlalu banyak sirup manis dan makan makanan ringan yang mengandung banyak gula dan minyak, ya.

7. Tidur yang cukup
Saat puasa Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan fajar. Karena itu, Anda tidak boleh begadang, menyebabkan kurang tidur. Anda bisa tidur lebih awal, misalnya setelah sholat tarawih.
Kurang tidur akan membuat Anda merasa mengantuk dan lemah di siang hari. Dengan begitu aktivitas Anda bisa terganggu. Jadi tetap isi tidurmu, ya.
Meskipun bulan puasa Anda tidak makan dan minum dalam waktu yang ditentukan, itu tidak berarti Anda tidak bersemangat tentang hari Anda. Jaga semangat Anda dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.