Kata insomnia pasti cukup akrab di telinga Anda. Sebagian besar orang di dunia ini tentu akan mengalami gangguan tidur yang akrab disebut insomnia. Tingkat cahaya baik atau berat.

Gangguan insomnia itu sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dari sejak mulai mengalami masalah kesehatan, hingga memiliki masalah atau banyak pemikiran. Penyebab kedua cukup sering dialami oleh orang dewasa saat ini.

Banyak pemikiran karena bekerja atau lelah menjalani kehidupan, secara tidak langsung akan memaksa otak tetap aktif. Ketika itu terjadi, maka Anda akan kesulitan tidur nyenyak.

Tapi jangan khawatir, selalu ada cara untuk mengatasi insomnia yang cukup efektif dan cepat dan tanpa obat tidur. Intinya, selama pikiran dan tubuh Anda nyaman, maka Anda akan bisa mendapatkan kualitas tidur.

1. Mandi dengan air hangat

Anda tidak akan pernah bisa tidur nyenyak dan tidak enak jika tubuh dalam kondisi kurang bersih. Selain itu Anda terbiasa bekerja di luar ruangan dan sering bersentuhan dengan asap atau debu di jalanan.

Karena itu, pastikan sebelum tidur cuci dengan air hangat. Air hangat di tubuh akan membuat Badan lebih santai dan segar. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka Anda akan cepat bisa tertidur dengan kantuk dan tidur.

Jangan mandi dengan air dingin. Memang mandi dengan air dingin akan membuat tubuh Anda bersih, tetapi tidak akan terasa rileks.

2. Minumlah susu hangat

Cara mengatasi insomnia adalah minum susu hangat berikutnya sebelum tidur. Jadi setelah anda mandi dengan air hangat lalu anda siapkan susu hangat. Ingat, susu hangat Ya bukannya susu dingin yang diambil dari lemari es.

Rasa kehangatan yang masuk ke perut akan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Jadi akan mempermudah proses Anda untuk tidur dan tertidur.

Selain itu, Anda juga bisa makan sedikit tuna, keju, atau kedelai. Ada endapan trytophan yang menenangkan dalam makanan.

Dengan demikian, Anda akan lebih terbantu untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan lebih cepat.

3. Lakukan hitung mundur

Pernah melihat film kartun yang menggambarkan seseorang yang susah tidur lalu menghitung jumlah kambing yang melompat?

Cara itu masih cukup efektif untuk mengatasi insomnia yang disebabkan oleh kontroversi pikiran.

Namun tentu saja dengan sedikit modifikasi. Anda menghitung angka daripada angka kecil ke angka besar. Tetapi hitung mundur dari 60. Caranya, ruang tatap langit-langit dan mulai melakukan hitung mundur.

Berdasarkan penelitian, menatap ke langit-langit atau ruangan akan merangsang sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf itu akan membuat tekanan darah anjlok dan pernapasan melambat. Kondisi yang kemudian menenangkan pikiran dan Anda bisa tertidur lebih cepat.

4. Hindari dan simpan Gadget Anda

Hidup di zaman sekarang memang membuat masyarakat tidak lepas dari gadget. Dari mulai bangun, sarapan, makan siang, nongkrong di sore hari, bahkan menjelang tidur pasti ada gadget di tangan. Bahkan bagi sebagian orang, gadget adalah tempat untuk Anda saat nongkrong di toilet.

Terutama menuju tempat tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat mata dan otak Anda tetap aktif tidak peduli tubuh yang akhirnya meresponsnya dengan tidak bisa tidur. Bahkan jika itu harus ditutup, pastikan gadget Anda dalam mode penerbangan, sehingga tidak akan menangkap dan menyebarkan sinyal radioaktif meskipun gadget tetap menyala.

5. Matikan Lampu Kamar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, faktor kenyamanan menjadi hal penting yang harus didapatkan oleh seseorang yang mengalami insomnia. Selain mandi air hangat dan minum susu hangat, Anda juga bisa mendapatkan ini dari kenyamanan suasana ruangan yang remang-remang

Cara mengatasi insomnia cukup efektif. Utamanya untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Jika Anda tidak terlalu menyukai kegelapan, maka bisa memasang sudut lampu mengingat dimmer atau pengurangan cahaya.

Tidur dalam kondisi ruangan menyala hanya akan membuat mata tetap aktif. Otak mana pun merespons bahwa itu siang. Jadi, agar tidur nyenyak dan berkualitas, pastikan Anda tidur dengan lampu ruangan dimatikan.

6. Turunkan suhu otak

Kondisi ruangan yang gelap atau penerangan yang buruk juga membantu menurunkan suhu otak. Saat suhu otak turun, Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih cepat akan menjadi akhir tidurnya.

Menurut majalah Time, peringatan untuk penderita insomnia pada umumnya memiliki lobus frontal yang terlalu aktif. Ini adalah bagian dari otak yang terkait dengan pembelajaran dan perilaku. Akibat otak aktif, tubuh pun menjadi susah tidur.

7. Jangan Tidur Terlalu Lama

Para penderita insomnia akan memiliki kecenderungan untuk memperpanjang waktu. Mereka yang sulit tidur di malam hari akan berusaha menambahnya di siang hari. Begitu pula saat malam tiba, tidurlah lebih awal tetapi bangun nanti.

Ini jelas bukan cara mengatasi susah tidur. Karena, menurut penelitian Michael Perlis, PhD, Direktur Program Pengobatan Tidur Penn Behavioral, ini akan memunculkan ketidakcocokan antara waktu dan kemampuan untuk tidur.

Menurutnya, jika kondisinya kita masih mengantuk tetapi tidak tepat waktu tidur maka bangunlah dan cari aktivitas. Seperti membaca, menulis, atau sekadar merapikan lemari pakaian.

Dengan cara ini Anda dapat membuat tidur lebih cepat dan lebih nyenyak ketika waktu tidur tiba. Diam di tempat tidur tetapi tidak ada waktu untuk tidur hanya akan memprovokasi Anda untuk tidak bisa tertidur.

8. Belajar Set Pernapasan

Untuk dapat membuat Badan lebih santai dan nyaman, salah satu cara efektif adalah mengatur nafas. Latih diri Anda untuk bisa mengatur nafas secara perlahan. Tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

Lakukan latihan dengan tenang dan berpola. Jangan terburu-buru. Dengan demikian nafas terengah-engah menjauhkan Anda dari rasa nyaman.

Karena pernapasan yang dalam dan tenang akan memperlambat detak jantung. Ketika jantung berdetak dengan tenang dan teratur, seluruh tubuh akan merespons dengan memunculkan rasa nyaman. Saat itulah Anda bisa tertidur dengan tidur.

9. Lakukan Latihan Mental

Latihan mental yang dimaksud dalam poin-poin ini bukan latihan seperti yang dilakukan di militer. Cukup mudah, bayangkan atau pikirkan beberapa warna yang muncul dari satu warna primer.

Latihan ini akan membantu Anda tetap fokus dan mengalihkan pikiran yang sudah menggelayuti diri Anda sehari. Ketika Anda tidak lagi memikirkan proyek gagal atau klien yang tidak pernah berurusan, maka Anda akan tertidur.

10. Baca Al-Quran

Jika Anda beragama Islam, baca quran bisa jadi obat tidur manjur. Mengapa? Selain mendapat pahala, membaca al-quran membuat hati gundah gulana menjadi hening sehingga bisa tertidur lelap.

Karena itu, ketika Anda kesulitan tidur malam, ambil wudhu dan kemudian baca Al-Quran. Anda dapat membaca ayat-ayat kursi, al-ikhlas, atau Sura lainnya. Jika memungkinkan, berdzikirlah dan berdoa setelah membaca Alquran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.