Pernahkah Anda melakukan sauna? Di Indonesia umumnya sauna hanya bisa dilakukan di rumah perawatan kecantikan dan kebugaran. Mandi sauna dapat menghilangkan semua keringat di tubuh dan membuat tubuh bugar. Keringat adalah salah satu produk limbah tubuh yang berasal dari sisa metabolisme. Berkeringat berarti Anda dapat membuang racun dalam tubuh dan menghindari berbagai jenis penyakit potensial.

Tapi, ternyata sauna bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat sehat dan tidak hanya berkeringat. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan sauna.

       1. Menghilangkan Stres dan Membentuk Mental yang Baik

Stres dapat menjadi salah satu ancaman yang sangat serius bagi kesehatan tubuh. Stres akibat terpapar pikiran kerja dan berbagai beban lain dalam hidup dapat menyebabkan masalah pada jantung, ingatan dan tekanan darah. Karena itu jika Anda ingin menghilangkan stres, Anda bisa melakukan sauna. Mandi sauna di ruang khusus dapat membuat pikiran Anda sangat rileks.

Anda bisa menghilangkan semua beban pikiran. Ketika Anda berada di sauna itu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melepaskan hormon endorphin sehingga tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

       2. Menghilangkan racun dari tubuh

Sauna adalah detoksifikasi atau pelepasan racun dalam tubuh dengan cara yang sangat menyenangkan. Ketika Anda merasakan panas dari sauna uap, pembuluh darah di tubuh Anda akan bekerja secara optimal. Ini akan mendorong sirkulasi darah menjadi lebih halus dan menyebabkan tekanan bagi kelenjar keringat. Akhirnya, setelah Anda sauna selama beberapa menit, tubuh akan berkeringat yang membuat tubuh lebih ringan.

Bahkan, sauna juga dapat mengurangi berbagai jenis racun yang menumpuk di dalam tubuh seperti merkuri, tembaga dan berbagai jenis zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang tidak pernah kita sadari.

       3. Jadikan Tidur Lebih Nyaman

Banyak orang sulit tidur dan tidak pernah bisa tidur nyenyak. Dengan melakukan sauna, Anda bisa mendapatkan tidur malam yang lebih baik. Jadi ketika sauna maka semua endorfin keluar dari tubuh, akibatnya semua beban pikiran menjadi lebih ringan.

Selain itu, Anda dapat merasakan pikiran yang lebih tenang dan dapat membuat tidur sangat nyaman di malam hari setelah sauna.

       4. Menyembuhkan Nyeri Otot dan Sendi

Bagi orang yang memiliki keluhan nyeri sendi dan otot akibat berbagai aktivitas padat dan atlet, sauna bisa menjadi metode yang sangat menyenangkan. Ketika sauna maka panas yang dihasilkan dalam peralatan bisa memberikan efek menenangkan bagi otot dan persendian. Pembuluh darah akan bekerja secara optimal dan meningkatkan sistem peredaran darah.

Manfaat sauna bagi tubuh juga dapat menyembuhkan berbagai keluhan lainnya seperti memar dan rasa sakit pada persendian dan bagian tubuh lainnya. Bahkan banyak atlet terkenal dunia yang selalu melakukan sauna setelah pertandingan

       5. Membuat Kulit Mulus dan Lembut

Memiliki kulit yang lembut dan halus pasti menjadi dambaan semua wanita. Dengan melakukan sauna, Anda bisa mendapatkan penampilan kulit yang lebih lembut. Ini sangat masuk akal dikarena ketika anda sauna pori-pori kulit akan terbuka lebar, semua sel kulit mati yang menumpuk di kulit juga bisa keluar sehingga kulit menjadi lebih lembut. Bahkan otot-otot tubuh yang menjadi lebih lembut juga dapat membuat penampilan kulit lebih halus. Sauna juga dapat meringankan gangguan kulit seperti jerawat dan masalah kulit lainnya.

       6. Menjaga Kesehatan Jantung

Sauna akan memberikan suhu tinggi yang dapat memiliki efek yang sangat baik pada jantung. Ini bisa terjadi karena ketika Anda berada di sauna, kulit akan menjadi lebih panas daripada respons uap di dalam ruangan. Steam panas akan diterima oleh semua bagian tubuh termasuk memberikan respons terhadap pembuluh darah di dalam tubuh yang bekerja secara optimal.

Sirkulasi darah dalam tubuh juga dapat bekerja secara optimal dan membuat tubuh mendapatkan tekanan darah yang lebih baik. Otot jantung bekerja dengan baik dan juga dapat menyebabkan detak jantung yang stabil. Jadi sauna sangat baik untuk kesehatan jantung.

       7. Mengikat Hubungan Sosial

Ketika sauna biasanya cenderung dilakukan dengan beberapa orang atau teman dekat. Ketika Anda menikmati semua panas tubuh yang mengalir dan menenangkan pikiran Anda, Anda juga dapat meningkatkan hubungan sosial. Anda dapat mengundang keluarga atau teman dekat Anda dan itu dapat memberikan efek yang sangat baik untuk lebih dekat. Anda bisa tertawa dan membuat obrolan yang sangat menarik.

       8. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Kebal terhadap Penyakit

Manfaat sauna juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan sauna karena panas dan uap dari sauna dapat menyebabkan produksi sel darah putih menjadi lebih cepat. Proses regenerasi sel darah putih dapat menyebabkan kekebalan tubuh meningkat, meningkatkan sistem antibodi dalam tubuh dan membuat tubuh lebih sehat. Jadi secara umum sauna bisa membuat Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit.

       9. Mendukung Program Diet

Sauna juga bisa menjadi pendukung program diet. Manfaat sauna akan membuat reaksi tubuh terhadap panas dan uap sangat baik. Semua sistem dalam tubuh akan luput dari perhatian, seperti detak jantung yang stabil, jantung yang bekerja dengan baik, otot-otot dan persendian tubuh yang semakin santai, dan proses metabolisme yang semakin lancar. Dengan cara ini proses pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih baik dan Anda bisa mencoba menurunkan berat badan.

       10. Mempengaruhi Fisik dan Mental

Memiliki fisik dan mental yang baik akan membuat anda bisa mendapatkan kesehatan yang baik dan akan membuat anda memiliki kesehaan jasmani rohani yang baik. melakukan sauna tampaknya memberikan hubungan yang sangat baik untuk fisik dan mental. Anda dapat meninggalkan semua pikiran dan tekanan mental dan perasaan. Selain itu Anda dapat menikmati waktu singkat untuk bersantai dan menjadi lebih sehat. Anda dapat menikmati makanan favorit Anda setelah sauna karena tubuh Anda telah bekerja dengan metabolisme yang baik.

Tips Saat Melakukan Sauna

Banyak orang mengklaim bahwa mereka tidak dapat memperoleh manfaat maksimal dengan sauna. Ini bisa terjadi karena mungkin cara sauna dilakukan salah. Akibatnya, Anda hanya akan merasa lelah dan tidak menikmati sauna. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sauna, maka ikuti tips sauna ini.

  1. Jangan lupa untuk menggosok tangan, kaki, punggung, leher, perut, dan semua bagian yang nyaman untuk menikmati sauna dengan lembut. Menggosok dengan lembut akan membantu proses membuka pori-pori sehingga bisa mengeluarkan lebih banyak keringat. Selain itu, jika Anda lebih banyak berkeringat, itu berarti sirkulasi darah dan proses detoksifikasi juga berjalan dengan baik.
  2. Jangan lupa membilas tubuh Anda dengan air dingin setelah sauna. Ini lebih sering dihindari, tetapi ternyata mandi di air dingin setelah sauna berguna untuk menutup pori-pori tubuh yang telah dibuka dan menarik semua fungsi organ kembali ke kondisi normal. Secara umum, langkah ini akan membuat tubuh Anda nyaman setelah sauna.
  3. Sauna secara bertahap lebih baik daripada sauna sekali dengan waktu yang lebih lama. Saat tubuh Anda membentuk respons yang tidak nyaman terhadap suhu panas, Anda bisa keluar dari ruang sauna. Tetapi setelah Anda merasa lebih baik maka Anda bisa melakukan sauna lagi.
  4. Cara ini akan membuat tubuh nyaman dan tidak lelah. Temukan tempat sauna yang paling nyaman dan menyenangkan. Anda bisa pergi bersama teman atau keluarga karena sauna itu sendiri akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.