Telur asin adalah salah satu jenis masakan tradisional Indonesia yang diawetkan menggunakan garam. Fungsi garam di sini adalah untuk menonaktifkan enzim perombak sehingga telur bisa tahan lama dan tahan lama juga. Dengan cara ini telur asin juga bisa bertahan hingga satu bulan.

Khusus di Pulau Jawa, rata-rata telur asin diproduksi menggunakan telur bebek atau telur bebek. Sedangkan untuk telur lainnya masih kurang dari produksi telur bebek asin dari telur. Telur asin juga termasuk makanan yang sangat praktis. Karena dapat dikombinasikan dengan beberapa hidangan seperti nasi lengko jambul, nasi, atau masakan lainnya.

Di balik rasanya yang asin, ternyata telur asin menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan telur asin juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk wanita hamil. Selain itu, telur asin juga dapat digunakan untuk menambah energi dan kepadatan tulang dan gigi. Berikut adalah 17 manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya Protein

Rata telur rata-rata memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Konten ini juga terkandung pada telur asin. Telur asin juga sangat cocok untuk Anda yang menjalankan program penambahan massa otot. Anda tidak akan merasa bosan karena makan telur asin ini berbeda dengan telur ayam yang akan merasakan bosan dengan rasanya, berbeda dengan telur asin yang memiliki rasa lezat dank has.

2. Cocok disajikan sebagai lauk bergizi Tinggi

Rasa asin yang khas dan juga lebih disukai dari telur asin. Itu juga dilengkapi dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Sehingga telur asin menjadi sangat cocok untuk Anda konsumsi sebagai makanan pendamping makanan yang memiliki gizi tinggi.

Dengan harga yang murah juga telur asin bisa anda nikmati walaupun uang anda sedang mepet, karena dengan harga dibwah lima ribu anda sudah bisa merasakan kelezatan telur asin dan kandungannya yang sangat luar biasa untuk tubuh anda.

3. Regenerasi sel-sel baru dalam tubuh

Beberapa konten yang ada dalam telur asin juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel baru dalam tubuh. Sehingga sel-sel dalam tubuh orang mati, akan kembali diperbarui dengan sel-sel baru. Maka kesehatan dan kekuatan tubuh juga akan meningkat.

4. Kulit Sehat

Telur asin juga sangat baik bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat. Karena kandungan vitamin E dalam telur asin bekerja dengan baik untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga lembut. Tidak hanya itu, kandungan telur asin juga dapat melindungi kulit dari berbagai penyakit kulit seperti serangan jamur, ruam, iritasi, dan berbagai penyakit kulit lainnya.

5. Menambahkan sel darah merah

Karena telur asin juga memiliki fungsi untuk menambah konten sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, telur asin juga dapat meningkatkan kinerja sel darah merah. Sehingga sirkulasi darah di dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar.

6. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Telur asin dalam beberapa konten penting seperti kalsium dan fosfor. Isinya memiliki fungsi yang sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Jadi dengan mengonsumsi telur asin, maka pertumbuhan anak bisa lebih optimal. Sedangkan untuk orang yang sudah berusia lanjut, konsumsi telur asin dapat mencegah timbulnya penyakit osteoporosis.

7. Cegah Anemia

Kurangnya kandungan sel darah merah dalam tubuh akan menyebabkan gejala berbahaya seperti mual, sakit kepala, pusing, dan juga mudah lelah setiap pekerjaan. Dan dengan mengonsumsi telur asin, maka gejala-gejala tersebut dapat dihindari. Karena telur asin mengandung zat besi yang cukup tinggi dan berfungsi untuk mencegah timbulnya gejala anemia.

8. Meningkatkan kekebalan dan ketahanan tubuh

Manfaat penting lain dari mengonsumsi telur asin adalah dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Ini karena telur asin mengandung selenium, yang berfungsi menjaga daya tahan dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Kebanyakan orang saat ini mengalami gangguan mata pada saat remaja, hal ini tidak terlepas dari dampak kemajuan zaman dimana orang – orang sudah mempunyai gadget. Hal ini berdampak pada mata mereka yang harus menatap gadget yang agak lama dan terkena radiasi cahaya gadget yang membuat kesehatan mata terganggu. Ini karena, dalam telur asin juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam telur asin juga dapat membantu mencegah mata dari serangan berbagai jenis penyakit mata.

10. Meningkatkan Energi

Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan juga menghabiskan banyak energi. Coba biasakan mengonsumsi telur asin. Karena di dalamnya ada sejumlah konten penting yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Agar tubuh selalu fit dan segar dalam melakukan berbagai aktivitas.

11. Melancarkan peredaran darah di dalam tubuh

Telur asin juga memiliki kandungan mineral tinggi yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Lancar peredaran darah di dalam tubuh, maka berbagai jenis penyakit akibat pembekuan darah di dalam tubuh bisa dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.