Bicara tentang manfaat kentang, mungkin yang terbesit langsung di pikiran Anda adalah bahwa di beberapa negara kentang menjadi makanan pokok. Kandungan karbohidrat pada tanaman jenis umbi yang satu ini memang bisa dikatakan sangat tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif tubuh untuk menggantikan gandum atau beras.

Di Indonesia sendiri, kentang juga merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi dengan terlebih dahulu disiapkan sebagai lauk makan atau dijadikan sup. Namun, sangat disayangkan hanya segelintir orang yang menyadari manfaat umbi kentang. Jadi hanya digunakan sebatas sebagai bahan makanan saja.

1. Cegah Alzheimer

Orang dengan penyakit demensia mirip alzheimer kebanyakan adalah orang lanjut usia, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan orang pada usia produktif juga berisiko terkena alzheimer. Penyakit ini ditandai dengan penurunan fungsi otak dan fungsi kognitif yang meliputi memori, bicara, penglihatan dan kelumpuhan saraf juga pada penderitanya.

Untuk mencegah timbulnya alzheimer, maka dapat mengonsumsi kentang sebagai salah satu alternatif. Penelitian menyatakan bahwa umbi ini mengandung asam alfa lipoat dan Koenzim. Itu berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Sedangkan pada penderita Alzheimer, kentang bisa menjadi solusi untuk mencegah kelumpuhan fungsi pada otak dan saraf.

2. Mencegah penyakit jantung

Salah satu faktor penyebab sakit jantung adalah karena penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang membuatnya. Jika suka gangguan jantung yang tak terhindarkan, maka gantilan dengan makanan ringan kentang tidak sehat. Umbi ini tidak mengandung kolesterol sama sekali jika tidak dimasak menggunakan minyak goreng.

Rajin mengkonsumsi kentang, maka bisa meningkatkan kesehatan jantung. Ini karena umbi kentang mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu, Vitamin B6, Vitamin C, potasium, dan serat dalam kentang juga sangat membantu dalam mendukung terapi atau pengobatan terhadap penderita sakit kronis.

3. Hipertensi Mekegah

Pakar kesehatan bernama Shilpa Arora menyebutkan bahwa umbi kentang mengandung 100 kalori, atau apakah kentang bergizi tetapi juga ditentukan dari cara memasaknya. Jika direbus, maka manfaat yang dibawanya akan semakin besar karena kandungan nilai gizinya tetap terjaga. Berbeda dengan digoreng, yang akan membuat kentang mengandung kolesterol.

Penelitian membuktikan bahwa kentang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau darah tinggi. Ini karena kentang dapat menetralkan kadar natrium dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat asam klorogent dan anthocyanin di dalamnya juga membantu mengatur tekanan darah sehingga tetap dalam jumlah normal.

4. Anti inflamasi

Dalam buku berjudul Healing Foods disebutkan, bahwa kentang memiliki efek antiinflamasi (antiinflamasi) yang berfungsi membantu meringkan peradangan atau cedera internal. Misalnya asam lambung, radang tenggorokan dll. Karena itu, jika Anda mengalami peradangan maka disarankan untuk mengonsumsi kentang rebus secara teratur untuk menghilangkan rasa sakit.

5. Atasi gangguan pencernaan

Saluran pencernaan tubuh manusia memang sangat rentan, mengonsumsi makanan pedas dan bertekstur keras bisa menyebabkan luka di dalam. Ketika ini terjadi maka akan timbul gangguan pencernaan. Untuk mengatasinya, maka bisa dilakukan dengan manfaat kentang. Kandungan mineral, kalium dan serat pada kentang akan mengatasi gangguan pada saluran pencernaan.

6. Mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi kentang rebus dipercaya sebagai cara ampuh dalam mengatasi insomnia. Zat triptofan yang terkandung dalam umbi kentang berperan sebagai herbal alami untuk membantu agar tidur lebih nyenyak. Kandungan kaliumnya juga memberikan efek relaksasi otot sehingga kualitas tidur meningkat, dan Anda terhindar dari insomnia yang parah.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, maka kentang bisa dijadikan sumber karbohidrat alternatif untuk menggantikan nasi. Kandungan zat kalium terkadung dalam umbi kentang diyakini ampuh menurunkan kadar kolesterol. Ini karena kentang tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi.

8. Mengatasi batu ginjal

Salah satu penyebab batu ginjal adalah karena tubuh kurang mengonsumsi sayur dan serat. Jika Anda berada dalam masa penyembuhan penyakit yang satu ini, maka disarankan untuk mengonsumsi banyak kentang. Kandungan magnesium dalam bukan masalah bisa menjadi pelindung untuk melawan zat besi dan kalsium menjadi pemicu.

9. Cegah Kanker

Penyakit paling mematikan di dunia ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kentang. Mengandung berbagai vitamin dan senyawa aktif. Kentang dapat digunakan sebagai senjata ampuh untuk melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker prostat. Vitamin B6 juga membantu mengurangi penyebaran sel kanker kentang pada pasien.

10. Menjaga kesehatan gigi

Kentang adalah salah satu makanan favorit yang dikonsumsi oleh semua umur, terutama balita. Tapi tahukah Anda mengapa itu telah menjadi tradisi seperti itu? Selain karena memiliki tekstur lunak sehingga mudah dicerna, kentang juga mengandung kalium dan kalsium. Yang memiliki manfaat besar dalam membantu menjaga kesehatan gigi.

11. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam umbi kentang memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan tulang dan melindunginya dari proses pengeroposan sejak dini. Tidak hanya itu, kentang juga mengandung magnesium dan fofor yang terbukti sangat dibutuhkan oleh tulang. Dengan demikian, para rajinlah mengkonsumsi kentang agar tulang tetap sehat, terutama manula.

12. Mengatasi Jerawat

Punya jerawat CHAN yang membandel? Jangan panik, Anda sekarang bisa menggunakan kentang sebagai herbal alami untuk mengatasinya. Kandungan Vitamin B6 dalam kentang berfungsi untuk mengobati jerawat. Sementara anti-inflamasinya akan meredakan jerawat yang bengkak dan meradang. Caranya terlalu mudah, cukup iris kentang lalu tempelkan pada kulit berjerawat.

13. Mencerahkan warna kulit

Memiliki warna kulit yang cerah dan bersih adalah harapan semua orang. Tidak sedikit yang rela menguras kantong agar bisa mewujudkannya. Tetapi sekarang Anda tidak perlu lagi menggunakan produk berbahan kimia, karena masker pencerah kulit dapat diperoleh dengan kentang. Kandungan vitamin dan protein pada kentang yang bergizi menyehatkan kulit sehingga regenerasi kulit berjalan dengan lancar.

14. Kulit halus

Kentang dapat digunakan sebagai masker herbal alternatif yang aman dan bergizi. Kandungan vitamin C di dalamnya tidak akan terbukti mampu menyehatkan kulit Anda. Jadi pemakaian masker kentang secara teratur dapat membantu mengaluskan kelembaban kulit dan melindungi tubuh. Untuk hasil yang maksimal, maka barengi dengan mengonsumsi kentang juga.

15. Untuk mencegah penuaan dini

Manfaat kentang dalam kecantikan paling terkenal adalah sebagai anti penuaan. Dengan mengoleskan masker kentang secara rutin pada wajah, maka itu akan membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin A dan Vitamin C dalam kentang sangat ampuh untuk meremajakan kulit sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.