Siapa yang tidak mengenal kentang? Makanan ubi jalar ini memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh. Artikel ini akan membahas tentang manfaat kentang untuk tubuh.

Manfaat kentang untuk tubuh sangat banyak. Kentang atau Solanum tuberosum L adalah buah dari jenis umbi batang yang sangat dikenal dimanapun. Buah ini sangat mudah dibedakan dari jenis umbi batang lainnya. Kentang memiliki bentuk bundar dan kulit berwarna kecoklatan serta daging buahnya berwarna kuning. Harga kentang di pasaran tidak terlalu mahal sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kentang awalnya berasal dari Amerika Selatan, dan kini telah menjadi mananan pokok di bermacam daerah. Awalnya, kentang dibawa oleh penjelajah Spanyol menuju daratan Eropa sehingga mulai dikenal dan dibiakkan. Kini, kentang dapat ditemui di hampir seluruh belahan bumi, sebab menanamnya pun tidak terlalu sulit. Itulah mengapa banyak sekali orang yang mengonsumsi kentang, bahkan menjadikan kentang sebagai bahan pokok untuk makanan.

Selain karena mudah ditemui, kentang juga banyak dipilih karena memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Kandungan kentang yang kaya akan karbohidrat menjadikannya pilihan pertama untuk menjadi makanan pokok, apalagi makanan pengganti nasi. Kentang juga memiliki khasiat lain yang berguna untuk tubuh manusia. Di bawah ini akan dijelaskan manfaat kentang untuk tubuh.
Manfaat kentang untuk tubuh kita

Kentang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. Selain karbohidratnya yang kaya, ternyata kentang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi lainnya, lho. Apa sajakah itu? Yuk, simak infonya di bawah ini.

1. Melancarkan proses pencernaan tubuh
Ternyata, kentang dapat membantu melancarkan organ pencernaan tubuh. Makanan yang kita konsumsi dapat memiliki masalah saat mencernanya. Kentang dapat membantu melancarkan pencernaan dengan kandungannya yang kaya serat. Oleh karen itu, tak heran jika banyak orang yang menjadikan kentang sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan dan menjaga pola makan. Jika Anda juga ingin melangsingkan badan dan menjaga agar pencernaan lebih sehat, Anda bisa mencoba membuat menu diet sehat dengan bahan kentang.

2. Menjaga tekanan daerah dan menyehatkan jantung
Kentang memiliki kandungan kalium dan natrium yang akan membantu menjaga tekanan daerah supaya tetap normal. Kandungan kaluym dan natrium akan diproses di dalam tubuh dan berfungsi agar tekanan darah dalam tubuh tidak melebihi ambang batas. Selain itu, kentang juga dapat menyehatkan jantung kita, lho. Kentang memiliki kadar lemak dan kolesterol yang rendah. Ada pula kandungan elektrolit yang akan menjaga tekanan jantung. Oleh sebab itu, kentang sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

3. Mencegah baju ginjal dalam tubuh
Penyakit batu ginjal dapat muncul pada tubuh manusia bila pola makan tak seimbang dan gaya hidup tidak sehat. Kentang membantu meminimalisir tumbuhnya batu ginjal karena kentang memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Kandungan magnesium ini akan diserap oleh tubuh dan melancarkan pembentukan urine, membersihkan kristal tidak normal pada ginjal sehingga meminimalisir terbentuknya batu ginjal.

4. Mencegah timbulnya kanker
Penyakit yang satu ini sangat diwaspadai. Kanker dapat muncul sewaktu-waktu tanpa bisa diduga. Oleh karena itu, kentang membantu mencegah timbulnya kanker dengan kandungan vitamin B di dalamnya. Kandungan vitamin dan serat yang ada pada kentang dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubh, terutama vit B6 yang sangat berperan dalam mencegah kanker. Manfaat kentang untuk tubuh yang satu ini sangat penting diketahui.

5. Menjaga kesehatan tulang
Kentang memiliki kandungan zat besi dan fosfor yang mampu menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Mengonsumsi kentang bisa mencegah kemungkinan osteoporosis. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu menguatkan tulang. Baik kalangan tua maupun muda perlu memperhatikan kesehatan tulang mereka, salah satu caranya dapat dilakukan dengan mengonsumsi kentang sebagai asupan nutrisi.

6. Menambah kinerja otak
Dengan mengonsumsi kentang, secara tak langsung Anda juga memperkuat kinerja otak agar lebih lancar. Kentang mengandung vit B kompleks yang dapat melancarkan kinerja otak dan menambah nutrisi yang dibutuhkan otak. Ada pula kandungan protein yang dapat memperkuat daya ingat otak. Selain itu, mengonsumsi kentang bisa membantu meningkatkan dan menutrisi otak kita.

7. Manfaat pada kulit
Ternyata kentang tak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam saja, lho. Kentang ternyata juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Yang pertama, kentang dapat menjadi obat untuk jerawat pada kulit. Kandungan kentang yang kaya nutrisi mampu meredakan gejala kemerahan akibat jerawat.

Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan mencuci kentang hingga bersih, kemudian iris kentang tipis-tipis, lalu usapkan kentang tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Selain mengobati jerawat, kentang juga dapat mengatasi masalah komedo pada wajah. Hal ini dapat Anda terapkan sehari-hari.

Selain sebagai obat bagi jerawat, kentang juga dapat mengangkat sel kulit mati. Kentang bisa dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat kotoran pada kulit. Caranya masih seperti tadi, cuci bersih kentang lalu iris tipis-tipis. Setelah itu, tempelkan kentang pada wajah dan biarkan beberapa saat. Kemudian Anda isa menggosok-gosok permukaan wajah dengan lembut dan gunakan kentang sebagai scrub. Setelah beberapa menit, bilas dengan air bersih. Kulit mati dan kotoran dapat terangkat dengan cara ini.

Manfaat kentang untuk masalah kulit yang lainnya yaitu kentang dapat mengatasi mata panda. Kelopak di bawah mata yang menghitam dapat Anda atasi dengan menempelkan kentang sebagai masker mata. Caranya sangat sederhana, hanya iris kentang secukupnya, lalu letakkan di kelopak bawah mata dan tunggu beberapa saat. Sebaiknya Anda melakukannya setiap malam ketika tidur agar khasiatnya segera bekerja.

Dan manfaat kentang bagi kulit yang terakhir yaitu kentang dapat menjadi obat untuk luka di kulit. Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan mencegah pendarahan pada luka. Ketika kulit tergores, iris kentang dan letakkan pada bagian kulit yang terluka. Biarkan getah kentang menempel agar kandungannya meresap. Kandungan mineral pada kentang akan membantu menghentikan pendarahan yang terjadi.

Banyak sekali manfaat kentang yang dapat Anda peroleh, bukan? Tidak hanya saat mengonsumsinya, namun ternyata kentang juga memiliki banyak sekali khasiat untuk mengatasi masalah di luar tubuh seperti pada kulit. Kentang bisa Anda gunakan sebagai menu diet sehat, menjaga pola makan, dan menyehatkan tubuh. Selain itu, kentang juga dapat membantu mengatasi aneka masalah pada kulit.

Sedikit tips untuk Anda, iika Anda hendak membeli kentang, pilihlah buah kentang yang baik di bagian kulitnya. Sebisa mungkin pilihlah kentang dengan kulit yang masih bagus dan belum banyak tergores apalagi terbuka supaya buahnya masih segar. Kentang dapat disimpan di lemari pendingin dalam waktu lama jika masih tertutup oleh kulit. Jika kentang sudah terbuka, simpanlah kentang dalam wadah yang tertutup agar warna buahnya tidak berubah kecoklatan. Demikianlah ulasan tentang manfaat kentang untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaar bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.