Salah satu rempah yang banyak digunakan di Indonesia adalah jahe. Ada banyak manfaat jahe untuk kesehatan. Beberapa di antaranya akan dibahas dalam artikel ini.

Jahe sudah banyak digunakan sebagai rempah-rempah penyedap masakan dan minuman. Di musim berhawa dingin, jahe dimanfaatkan untuk memberi kehangatan pada tubuh, khususnya pencernaan. Selain dapat menghangatkan, manfaat jahe untuk kesehatan juga banyak lagi lainnya.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Saat mencium aroma jahe, kita bisa merasa lebih rileks. Berdasarkan penelitian, manfaat jahe salah satuya adalah untuk menenangkan dan mencegah mual. Karena itu, jahe sering digunakan dalam terapi yang melibatkan jahe untuk pasien kemoterapi. Selain itu, dapat juga diguanakan untuk mengatasi rasa mual akibat perjalanan atau kondisis tubuh yang sedang tidak fit.

1. Menyehatkan sistem pencernaan
Sudah banyak diketahui, salah satu manfaat jahe bagi kesahatan adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit yang berhubingan dengan pencernaan. Di antaranya, perut kembung, sembelit atau naiknya asam lambung akibat stress. Mengonsumsi minuman jahe dapat membantu melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan.

2. Menyehatkan otak
Manfaat jahe bagi kesehatan yang lainnya adalah menyehatkan otak. Mengonsumsi jahe secara teratur dapat memhambat proses peradangan di dalam otak, sehingga akan meningkatkan fungsi kognitif otak. Akibat lainnya, stress oksidatif penyebab penyakit Dementia akan menurun. Jahe juga mengandung senyawa yang disebut 6-shogaol yang berguna untuk melindungi otak. Senyawa tersebut juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otak dengan menghambat pelepasan bahan kimia jahat yang merusak neuron baik dalam model vivo maupun vitro.

3. Menyembuhkan migrain
Sebuah pengujian klinis membuktikan manfaat jahe untuk kesehatan yang lainnya adalah menyembuhkan migrain. Dalam pengujian tersebut, 100 orang pasien migrain diberikan obat mengandung bubuk jahe. Hasilnya, jahe membantu mengurangi efek ketidaknyamanan akibat migrain tanpa menimbulkan efek samping. Selain dalam bentuk obat, jahe untuk menyembuhkan migrain juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman jahe. Kandungan zat dalam jahe, terbukti menghentikan penyebab migrain yang disebut juga dengan prostaglandin.

4. Menyehatkan rambut dan kulit
Jahe memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk menambah kilau alami pada kulit. Vitamin A dan C didalam jahe juga dapat meningkatkan tekstur dan mendukung proses pertumbuhan rambut. Jahe akan merangsang setiap folikel di kulit kepala, memelihara dan menguatakan setiap helai rambut. Agar mendapatkan manfaat jahe untuk kesehatan rambut, bisa dengan cara menggunakannya sebagai masker rambut.

5. Mengontrol kadar gula darah
Beberapa penelitian menemukan manfaat jahe untuk kesehatan, utamanya efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah. Hal ini disebakan, jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Jahe juga dikenal eefektif menstabilkan gula darah dan memiliki efek perlindungan bagi penderita diabetes.

6. Menjaga kesehatan tekanan darah
Tekanan darah adalah hal yang sangat penting bagi tubuh, sama halnya dengan sirkulasi darah yang lancar. Jahe dengan kandungan gingerolnya memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama untuk melancarkan peredaran darah dan mampu menstimulasi pelepasan hormon adrenal agar aliran darah menjadi lancar. Hal itu akan melebarkan pembuluh darah dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

7. Menjaga berat badan
Selain bisa menghagatkan tubuh, manfaat jahe untuk kesehatan di antaranya adalah menjaga berat badan. Jahe akan mempercepat peluruhan lemak, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jahe, disarankan untuk meminum wedang jahe setiap dua hari sekali dipadukan dengan konsmsi jeruk nipis. Terutama setelah memakan makanan yang berlemak, meminum air jahe, dapat meluruhkan lemak yang menempel dalam tubuh.

8. Mengurangi nyeri otot
Setelah berolah raga berata atau bekerja, otot akan terasa nyeri dan pegal. Dalam keadaan ini dianjurkan untuk meminum segelas air jahe. Karena salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalh mempercepat pemulihan otot. Sebuah penelitian di tahun 2013 yang berkaitan dengan jahe menemukan, jahe mampu menghilangkan nyeri otot pada atlet. Dalam penelitian tersebut, stlet yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot dibandungkan dengan mereka yang tidak menonsumsi jahe.

9. Mendukung kesehatan kardiovaskular
Kandungan bahan aktif 6-gingerol dalam jahe memilik manfaat untuk mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Manfaat jahe untuk kesehatan kardiovaskular dirasa sangat baik karena kandungan gingerol tersebut. Hal ini disebabkan, gingerol dapat membantu melancarkan aliran darah. Dengan demikian konsumsi jahe akan dapat mencegah serangan jatuh berkat kandungan bahan aktif gingerol.

10. Menyembuhkan alergi
Manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya adalah mengatasi rasa gatal pada kulit. Karena itu, jahe juga bisa mengatasi alergi. Alergi bisa disebabkan oleh hewan, makanan maupun udara. Efek alergi dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti peradangan, gatal dan lainnya. Konsumsi jahe dapat membantu mengatasi alergi, karena mengandung senyawa anti alergen.

11. Menghangatkan tubuh dan melegakan flu
Saat cuaca dingin, meminum air jahe dapat menjadi cara yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Manfaat jahe untuk kesehatan dapat mengeluarkan keringat, sehingga berarti menghangatkan tubuh dari dalam. Karena itu pula jahe berkhasiat mengatasi pilek dan flu. Rasa pedas dan sifat jahe yang dapat mningkatkan suhu tubuh membuatnya dapat mengurangi rasa dingin yang dialami tubuh saat hawa terasa dingin.

12. Mencegah resiko kanker
Mencegah resiko kanker adalah salah satu manfaat jahe untuk kesehatan yang disebutkan dalam sebuah artikel dalam “British Journal of Nutrition”. Jahe terbukti memiliki sifat anti inflamasi dan atioksidan. Sifat tersebut memperlambat penyebaran kanker tertentu. Kandungan antioksidan pada jahe, dapat membantu mencegah masuknya sel kanker dan menangkal radikal bebas.

13. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Bukan hanya bisa menghangatkan tubuh, manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah membantu fungsi hati sehingga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Sifat anti racun jahe dapat membantu mengeluarkan racun melalui keringat.

14. Mencegah timbulnya jerawat
Jerawat selalu merusak penampilan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah mencegah timbulnya jerawat. Kandungan zat antiseptik dan atioksidan dalam jahe dapat melawan bakteri dan efek buruk dari radikal bebas yang menyebabkan timbuknya jerawat. Kandungan alami dalam jahe, juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan peredaran darah dan menyembuhkan luka.

15. Menghidrasi tubuh
Sebagian besar unsur tubuh manusai terdiri dari air. Karena itu sangatlah penting utk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Bila tubuh tidak terhidrasi dengan baik akan banyak efek buruk yang terjadi. Manfaat jahe untuk kesehatan salah satunya menghidrasi tubuh. Apalagi bila jahe dikonsumsi dalam bentuk minuman. Meminum segelas air jahe setiap hari dan ditambah air putih kurang lebih 8 gelas, akan membantu tubuh terhidrasi.

Jahe dengan segala kandungan zat yang berguna bagi tubuh, dapat dikonsumsi dengan aman. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat jahe bagi kesehatan, perlu dilihat dosis dan takarannya. Karena meski aman dikonsumsi, ada beberapa keadaan yang sebaiknya berhati-hati dalam menginsumsi jahe. Hal ini agar manfaaat jahe untuk kesehatandapat dirasakan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.