Cara Mengkonsumsi Daun Seledri

Yang pertama bisa diolah dengan cara direbus seledri kemudian ditambahkan jus lemon atau jeruk nipis untuk diminum setiap hari. Daun seledri yang pengonsumsiannya seperti ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang aktif karena di dalamnya terdapat senyawa seledri flavonoid yang mencakup zat xanthin, betakaroten, dan lutein yang berfungsi sebagai antibiotik alami yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat dan mempercepat penyembuhan luka dan demam.

Untuk asupan vitamin A yang cukup, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K sekaligus dalam satu hari, bisa diberikan daun seledri pada menu masakan rumah dengan jumlah yang cukup banyak, misalnya pada sup sayur. Sedangkan untuk anak-anak dapat ditambahkan atau dicampur dalam pembuatan jus buah seperti jus mangga, jambu biji, stroberi, dll dimana sebelumnya daun seledri dikukus terlebih dahulu. Ini adalah upaya yang mudah untuk memenuhi gizi seimbang setiap hari untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Kandungan daun seledri yang sangat beragam memberikan banyak manfaat, di antaranya:

        1. Menyembuhkan rematik

Daun seledri mengandung antibakteri dan antiradang dan penuh dengan vitamin dan mineral yang mampu meredakan rasa sakit pada penderita rematik dan ternyata juga mampu mengurangi zat purin pada persendian yang menjadi pemicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

        2. Menurunkan kadar kolesterol

Nutrisi dalam daun seledri mampu memecah kolesterol agar tidak menyumbat aliran darah dan mampu juga penumpukan kolesterol berlebih pada tubuh yang menecegah.

        3. Menurunkan darah tinggi

Seledri memiliki zat flavonoid dan nutrisi lain yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang yang sedang naik daun. Khususnya jika mengkonsumsi daun seledri secara rutin dan teratur mampu menstabilkan tekanan darah agar tidak meningkat lagi.

        4. Mengatasi mata kering

Nutrisi pada seledri terutama vitamin A mampu menyehatkan jaringan retina dan kornea mata sehingga mamapu mempertahankan ketajaman penglihatan dan mencegah kekeringan mata karena serangan radikal bebas.

        5. Mencegah dan menyembuhkan anemia

Seledri memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia terutama pada wanita hamil dan yang sedang mengalami menstruasi.

        6. Kendurkan saraf tegang

Nutrisi dalam seledri dapat mengendurkan saraf di sekitar kepala karena ketegangan yang disebabkan oleh aktivitas atau rutinitas sehari-hari yang membutuhkan kinerja dan daya otak sekaligus.

        7. Obati sembelit

Seledri memiliki kandungan asam amino kehidupan dan vitamin lain yang dapat melancarkan buang air besar (bab) sehingga untuk menghindari sembelit yang mengakibatkan tubuh terasa tidak nyaman, perut terasa penuh, sakit, dan kembung.

        8. Mencegah dan menyembuhkan asma

Nutrisi pada seledri mampu mencegah dan menyembuhkan asma agar tidak kambuh dengan mudah ketika seseorang berjuang dengan lingkungan berdebu.

        9. Mencegah dan menanggulangi obesitas

Sisa nutrisi yang ditemukan dalam seledri ternyata mampu menekan rasa lapar sehingga membuat seseorang bisa mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, seledri dapat menstabilkan berat badan seseorang dan membuatnya tidak mudah gemuk dan mengembangkan obesitas.

        10. Memelihara rambut

Seledri memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi dan lengkap yang dapat menutrisi rambut yang rusak karena penggunaan sampo dan akibat paparan sinar matahari. Menggunakan daun akar seledri dan kemudian kutikula rambut kembali sehat, rambut akarnya semakin kuat dan tidak mudah putus atau rontok.

        11. Meningkatkan fungsi ginjal

Kandungan Nutrisi baik yang terdapat dalam kandungan seledri sangat baik dalam meningkatkan kinerja ginjal yaitu membuat ginjal menjadi lebih mudah dalam menyaring, mengendalikan, dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal itu  disebabkan oleh makanan dan radikal bebas yang terlalu banyak dan menumpuk.

        12. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan asam fenolat dan fitokimia yanga da dalam kandungan daun seledri ini sangat baik dalam tubuh karena dapat memblokir sel kanker.

        13. Dapat menormalkan suhu tubuh

Ketidakstabilan suhu bisa membuat metabolisme tubuh dan ketidakseimbangan hormon yang akhirnya bisa membuat tubuh rentan untuk berkembang. Mengkonsumsi jus seledri secara teratur dapat membuat suhu tubuh tetap menjadi kondisi normal yang dapat membuat tubuh dalam kondisi optimal.

        14. Jaringan empedu yang sehat

Seledri dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan bersifat diuretik yang dapat membantu membersihkan empedu dari serangan bakteri atau racun yang dihasilkan dari sisa makanan.

        15. Kontrol dan atur volume darah

Nutrisi yang ditemukan dalam seledri dapat mengantur dan mengontrol jumlah darah yang mengalir di masing-masing pembuluh darah dan saraf di jaringan tubuh sehingga tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari masalah kesehatan yang berkaitan dengan darah, misalnya tersumbatnya aliran darah.

        16. Untuk mencegah dehidrasi

Nutrisi dalam seledri dapat digabung menjadi elektrolit cair yang dibutuhkan tubuh Anda saat terserang kelelahan atau sering buang air besar akibat diare. Selain itu, nutrisi dalam seledri mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang dan tubuh terhindar dari dehidrasi parah.

        17. Melindungi jantung

Seledri memiliki kandungan asam amino kehidupan yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga arteri jantung terutanma terhindar dari penyumbatan kolesterol, stroke, dan membuat jantung selalu lancar dalam memompa darah.

        18. Sebagai antipenuaan yang kuat

Seledri memiliki kabdungan vitamin A, B5, B6, C, dan E yang sangat kuat dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kolagen kulit, mengendurkan saraf dan pembuluh darah di sekitar wajah yang tegang, dan menyeimbangkan minyak alami ditemukan di bawah kulit sehingga kulit tampak muda dan selalu menghindari munculnya garis-garis halus di sekitar mata, bibir, dan bagian leher.

        19. Menstabilkan gula darah

Khasiat bagus Seledri yang satu ini memang sangat bagus yaitu mampu menurunkan kadar gula darah dan mengobati diabetes. Kandungan nutrisi lengkap dalam seledri dapat memecah dan menghancurkan pembekuan gula dalam darah untuk mempercepat pembakaran kalori tubuh yang kelebihan glukosa yang akan ditimbulkan melalui pembuangan kalori melalui urin dan melalui pembuangan keringat karena aktivitas fisik yang dilakukan, seperti bekerja dan berolahraga.

        20. Menstabilkan kelebihan minyak di wajah

Seledri tumbuk dan ditambahkan air jeriuk wedges dapat digunakan sebagai masker wajah setiap hari mengamankan dana untuk menghilangkan minyak berlebih pada jenis kulit yang berminyak dan mampu mengecilkan pori-pori sehingga kulit wajah bakteri seranagn penyebab bisul, komedo , dan jerawat.

        21. Penyembuhan dinding lambung

Ya kandungan baik dari seledri yang satu ini emang sangat baik, yaitu anti radang yang baik untuk kesehatan dinding lambung.

        22. Memperkuat tulang

Semua nutrisi yang ditemukan dalam seledri dapat memperkuat massa tulang dan tidak rentan terhadap erosi atau patah tulang akibat tabrakan atau hantaman. Selain itu, tulang akan menjadi kuat dan terhindar dari semua masalah yang berhubungan dengan osteoprosis.

        23. Melindungi jaringan otak

Nutrisi dalam seledri yang satu ini memang dangat baik yaitu dapat melindungi jaringan otak dari penyumbatan, menyerang bakteri, dan menghindari penumpukan lemak jahat akibat makanan yang telah dikonsumsi agar jaringan otak selalu sehat.

        24. Lindungi kesehatan otot-otot tubuh

Nutrisi pada seledri dapat menghindari otot tubuh dari cedera, keseleo, kejang otot, atau keseleo. Otot yang sehat akan membuat seseorang bergerak dan melakuakn aktivitas tanpa harus merasakan sakit dan bengkak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.