Bagi masyarakat Indonesia, daun kemangi, lebih dikenal dengan sayuran segar. Karena dikenal sebagai sayuran, banyak orang tidak menyangka bahwa banyak manfaat daun kemangi yang bisa didapat oleh tubuh.

Manfaat Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi banyak orang tahu apa saja penggunaannya pada berbagai kuliner dan tidak membahas tentang manfaat daun kemangi lebih dalam, misalnya, tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Di Cina, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat penenang hingga obat kanker. Banyak negara lain juga memanfaatkan daun kemangi dalam pengobatan tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan Amerika Serikat dan Eropa.

Berikut sembilan manfaat daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, termasuk:

      1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kemangi lebih dulu bisa menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi kaya akan beta-karoten, dan magnesium, fungsi penting mineral untuk menjaga dan menjaga kesehatan jantung. Jadi, selain berolahraga rutin dan menjaga pola makan sehat, mengonsumsi Basil secara teratur juga diyakini bisa memperkuat jantung Anda.

      2. Meningkatkan nafsu makan

Aroma daun basil memang mengundang nafsu makan. Wajar hanya jika banyak orang mengonsumsi sayuran mentah seperti daun kemangi, campur pepes, karedok atau kari ayam. Manfaat kemangi dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat makan menjadisangat lahap, karena bau daun kemangi yang sangat khas.

      3. Mencegah Kemandulan Dan Memperpanjang Masa Hidup Sperma

Selain hidangan yang melezatkan, daun kemangi mengandung senyawa arginin yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus untuk mencegah infertilitas. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu menginduksi pembentukan hormon androgen dan estrogen. Manfaat kemangi bagi kesehatan reproduksi sangat penting bagi pasangan yang berencana memiliki atau menambah keturunan.

Jika ada yang mengalami ejakulasi, daun kemangi mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

      4. Turunkan gula darah

Banyak orang tidak tertarik untuk mengambil daun kemangi karena suatu alasan atau aroma menyengat. Namun, siapa sangka jika salah satu manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang lain adalah menurunkan gula darah. Kontrol gula darah Anda dengan daun kemangi yang anda makan secara teratur.

      5. Mencegah bau mulut dan bau badan

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan adalah mencegah bau mulut dan bau badan. Jika Anda tidak suka jika harus dimakan langsung, Anda juga bisa membuat jus air daun kemangi dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu minum secara teratur setiap hari.

      6. Mengobati masalah vagina, sakit payudara, batu ginjal & albuminaria

Mengutip dari buku A Dictionary of Practical Medical Material yang dibuat oleh John Henry M mengatakan, bahwa manfaat Basil bagi kesehatan adalah mampu mengatasi penyakit diare, kelainan pada vagina, nyeri payudara, untuk mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

      7. Mengatasi masuk angin, sakit kepala, cacingan, dan sembelit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Tanaman Baru dan Produk Tanaman dari efek Purdue University, Basil sangat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, sembelit, cacingan hingga penyakit ginjal.

      8. Mengatasi berbagai penyakit pencernaan

Banyak Ahli sudah membuktikan juga pada penelitian sebelumnya bahwa khasiat dari daun kemangi ini untuk mengatasi perut kembung, maag, masuk angina dan masalah pada organ pencernaan lainnya. Aroma daun kemangi juga bisa digunakan sebagai pembasmi serangga.

Selain itu, manfaat Basil lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, dan radang lambung.

      9. Sebagai minyak pijat

Manfaat Basil dapat digunakan sebagai bahan untuk memijat. Daun kemangi dapat disuling minyak esensial karena mengandung ketinggian di mana aroma Basil akan hilang dalam waktu 24 jam setelah diterapkan pada tubuh. Minyak esensial dapat membuat tubuh lebih segar dan menghilangkan rasa sakit sehingga baik digunakan sebagai aroma minyak pijat.

      10. Otak yang sehat

Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah utama bagi lansia saat ini. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi daun kemangi sangat membantu dalam mencegah penurunan kognitif. Daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang diamati meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Kegiatan ini dikaitkan dengan refleks mental. Kandungan Daun Kemangi ini juga mengandung tembaga, yang membantu merangsang pikiran yang baik dan cepat serta meningkatkan fungsinya.

Metabolisme glikosilceramida juga berhubungan dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipid pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung bagi otak. Perisai ini melindungi otak dari radikal bebas dan stres oksidatif.

      11. Anti Aging

Daun kemangi banyak mengandung antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit dan otak dapat menjadi penyebab utama penuaan. Antioksidan dalam tiap kandungan daun kemangi akan membantu mengurangi efek radikal bebas dan mencegah tubuh untuk terkena pikiran buruk ataupun stres oksidatif yang bertahan lama.

      12. Mengatasi epilepsi

Manfaat daun kemangi yang telah diekstraksi dapat mengurangi aktivitas spasmodik di otak. Studi lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk sistem saraf.

      13. Mengatasi arthritis

Arthritis adalah penyakit yang menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Daun kemangi ditemukan mengandung beta-caryophyllene, yang dapat mengatasi rasa sakit secara efektif. Mereka juga bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar pada sendi yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mereka bebas artritis karena penggunaan daun kemangi dalam makanan mereka.

      14. Menyehatkan Kulit

Manfaat Basil di sebelah tubuh dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Minyak daun kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit alami yang sangat bagus dan sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Hal yang bagus juga dari kemangi ini juga membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buatlah daun kemangi menjadi lembut, campuran cendana dan air mawar. Oleskan Tempel di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang baik pada wajah yang berasal dari daun kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

      15. Kontrol diabetes

Manfaat daun kemangi baik untuk diabetes. Konsumsi kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang sempurna dan akan lambat dalam darah, yang sangat penting untuk para penderita diabetes. Faktanya Daun Kemangi memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial yang terkandung dalam Basil juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko konstan di antara penderita diabetes.

Nah, itulah manfaat daun kemangi yang bisa Anda dapatkan, jadi jangan ragu untuk makan daun kemangi itu secara rutin tubuh tetap segar dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.