Selama ini orang mengetahui, omega 3 banyak terkandung dalam ikan salmon. Ternyata yang mengandung omega 3, bukan hanya salmon. Berikut beberapa makanan yang mengandung omega 3.

Omega 3 adalah lemak baik yang terdiri dari 3 jenis yaitu, asam alfa-linoleat (ALA), dokosaheksaenoat (DHA) dan eikosapentanoat (EPA). Omega 3 sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sayangnya, tubuh kita tidak bisa menghasilkan omega 3 sendiri. Karena itu kita perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Makanan yang mengandung omega 3 mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di antaranya, mencegah penyumbatan pembuluh darah, meredakan peradangan sendi, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan janin. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 secara tepat akan dapat meningkatkan kesehatan kita.

Umumnya, omega 3 diketahui banyak terkandung dalam tubuh ikan salmon. Namun, ternyata ada banyak makanan lain yang juga mengandung omega 3. Tentu saja dengan kadar yang berbeda-beda. Bahkan, omega 3 juga terdapat dalam sumber makanan nabati.

Berikut ini adalah beberapa macam makanan yang mengandung omega 3 :

Ikan bisa dikatakan sebagai sumber omega 3, karena banyak mengandung DHA dan EPA. Sedangkan ALA, banyak terkandung dalam sumber pangan nabati. Hal ini tentu akan sangat memudahkan bagi kita untuk memenuhi asupan makanan yang mengandung omega 3.

1. Ikan Tuna, Sarden dan Salmon
Ikan Tuna merupakan salah satu makanan yang mengandung omega 3 dan menjadi sumber protein tinggi yang bermutu terbaik. Ikan sarden selain mengandung omega 3 juga bertindak sebagai sumber vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Ikan Salmon dengan kandungan omega 3-nya tinggi mampu memperbaikai tingkat kecerdasan anak dan memperbaiki kerusakan daya ingat.

2. Telur Ayam dan Bebek
Berdasarkan penelitian, telur ayam dan bebek ternyata juga termasuk makanan yang mengandung omega 3. Sebutir telur ayam mempunyai kandungan omega 3 sebesar 60 sampai 150 mg. Kandungan omega 3 tersebut mampu memperbaiki jaringan otak dan dapat mencegah penyakit Alzheimer.

3. Jenis Kacang-Kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan ternyata juga termasuk makanan yang mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Di antaranya adalah kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai. Kandungan omega 3 yang cukup tinggi tersebut merupakan sumber protein baik bagi kesehatan jantung dan otak.

4. Sayur-sayuran
Meskipun dalam kadar yang sedikit, beberapa jenis sayuran ternyata juga mengandung omega 3. Bayam merah atau hijau selain memiliki kandungan omega 3 dalam jumlah sedikit, juga kaya akan zat besi, serat dan kalium yang bermanfaat sebagai pencegah anemia dan menjaga kestabilan hormon. Demikian juga halnya dengan kankung. Selain mengandung serat dan vitamin A dan C sebagai antioksidan kangkung juga memiliki kandungan omega 3. Makanan yang mengandung omega 3 dari jenis sayuran ini mampu meningkatkan perkembangan kecerdasan anak dalam belajar.

5. Daging Sapi
Daging sapi tanpa lemak ternyata juga mengandung omega 3 yang dapat memperbaiki kinerja jantung dan mencegah serangan stroke.

6. Susu Kambing dan Susu Sapi
Di antara beberapa jenis susu, susu kambing dan susu sapi ternyata termasuk makanan yang mengandung omega 3. Tetapi perlu diingat, susu yang mengandung omega 3 dalam jumlah yang signifikan adalah susu murni yang belum terkontaminasi gula dan bahan lainnya. Sehingga susu yang dihasilkan mengandung omega 3 yang tinggi dan memberi banyak manfaat bagi kesehatan kita.

7. Hewan Hasil Laut
Selain ikan, ada hewan laut lain yang memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Hewan-hewan tersebut adalah udang, kerang dan kepiting. Omega 3 dalam ketiga hewan laut tersebut mampu menyehatkan jantung dan mencegah penyumbatan aliran darah.

8. Kembang Kol dan Brokoli
Kembang kol dan brokoli memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk mempercepat penghentian pendarahan, selain itu omega 3 pada kembang kol juga bermanfaat untu mencegah peradangan. Sedangkan pada brokoli, kandungan omega 3 dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh dan menyehatkan jantung.

9. Beberapa minyak yang mengandung omega 3
Minyak canola, minyak biji rami, minyak ikan cod dan minyak zaitun telah lama dikenal sebagai minyak sehat yang mengandung omega 3 dan bebrapa vitamin lainnya. Minyak-minyak ini dapat digunakan sebagai minyak goreng untuk membuat makanan. Bisa juga dimanfaatkan sebagai olesan atau diteteskan di atas makanan.

Minyak ikan cod yang berasal dari ikan cod selain mengandung omega 3 juga memiliki kadar vitamin A dan D. Kedua vitamin ini berfungsi untuk mempercepat penyerapan kalsium dari makanan dan menjaga kesehatan jantung.

10. Buah-Buahan
Omega 3 tidak hanya terdapat dalam sayur, makanan laut dan minyak untuk makanan. Buah-buahan juga masih termasuk makanan yang mengandung omega 3. Selain rasanya yang enak, buah-buahan yang mengandung omega 3 ini dapat dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan tersebut di antaranya, blewah, jambu biji, raspberry, strawberry, blackberry, kismis, blueberry, buah cerry tua, buah kiwi, mangga, alpukat, pepaya dan buah labu.

11. Yoghurt
Yoghurt adalah minuman yang dibuat dari susu sapi yang difermentasikan, sehingga mengandung bakteri baik. Dan selain bakteri baik, yoghurt juga mengandung omega 3 dengan kadar yang tinggi. Omega 3 dalam yoghurt dapat menyehatkan pencernaan serta ampuh menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

12. Belut
Belut merupakan makanan yang berprotein tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain protein belut juga termasuk makanan yang mengandung omega 3. Kandungan omega 3 pada belut, bisa membantu tubuh dari serangan sembelit dan dapat meningkatkan perkembangan syaraf otak. Selain itu berfungsi pula untuk memperbaiki kerusakan jaringan otak pada anak-anak yang mengalami pendarahan gegar otak atau benturan keras.

13. Ikan Lele
Ikan lele juga banyak mengandung omega 3 dan protein ynag tinggi. Kedua zat ini bermanfaat bagi kesehatan otak anak dan dapat membantu mempercepat pertumbuhn tubuh anak. Selain itu juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

14. Selada
Selada merupakan sayuran yang mengandung omega3 dan omega 6. Pada selada, kedua zat tersebut bermanfaat untuk mempertahankan imunitas tubuh. Karena itu, dapat membut tubuh menolak serangan bakteri atau radikal bebas.

15. Ikan Air Tawar
Ikan air tawar ternyata juga memiliki kandungan omega 3 sama besarnya dengan ikan laut. Namun ikan air tawar mempunyai kelebihan karena kandungan proteinnya lebih tinggi dan sama sekali tidak memilik kandungan logam seperti hewan hasil laut.

Makanan yang mengandung omega 3 ternyata beragam jenisnya. Dan hampir semuanya banayk terdapat di sekitar kita. Kita bisa memilih mana yang baik untuk kitan konsumsi. Tentu saja harus disesuaikan porsinya dengan kebutuhan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.