Selama menyusui, seorang ibu tidak hanya melihat kebutuhan gizi untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk buah hati. Terutama selama 6 bulan pertama di mana buah hati mendapatkan ASI  dan nutrisi sepenuhnya berasal dari ASI. Inilah yang membuat setiap wanita sangat penting untuk melihat apakah makanan sehat untuk ibu menyusui atgau malah sebaiknya akan buruk untuk kesehatan ibu menyusui dan sang anak.

Makanan sehat untuk ibu menyusui

Apa yang ibu makan atau minum akan disalurkan melalui ASI pada buah hati. Jika seorang ibu tidak dapat menyimpan nutrisi makanan, tentu ada juga kemungkinan bayi akan mengalami defisiensi nutrisi tertentu. Yuk, simak 10 jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang harus coba di sini!

        1. Salmon

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang pertama adalah salmon. Ikan yang satu ini tidak hanya direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan, tetapi juga selama menyusui.

Kandungan vitamin B12 dan juga asam lemak omega-3 dalam salmon diyakini dapat membantu menangkal depresi pascapersalinan. Salmon juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI dan membuat ASI lebih bergizi dengan kandungan DHA di dalamnya. Kandungan – kandungan inilah yang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil maupun menyusui dan juga untuk calon bayi maupun bayi itu sendiri. Karena kandungan DHAnya yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan otak si kecil.

        2. Oatmeal

Selanjutnya makanan yang masuk ke daftar makanan sehat untuk wanita hamil adalah oatmeal. Makanan yang satu bisa menjadi pilihan menu ibu untuk sarapan karena tidak memerlukan waktu lama untuk menyiapkannya.

Oatmeal yang kaya zat besi dapat membantu mencegah anemia pada ibu menyusui. Harap dicatat bahwa anemia juga akan memengaruhi produksi ASI.

        3. Telur

Sama seperti oatmeal, telur juga bisa menjadi bahan makanan praktis lainnya. Telur adalah salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain itu, sel telur juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral.

Jenis telur yang paling direkomendasikan adalah telur yang diperkaya dengan kandungan omega-3 DHA dan EPA sehingga di dalamnya lebih tinggi dari telur pada umumnya. Karena mudah dicaranya dan harganya yang murah mengharuskan anda untuk mengonsumsinya 1 hari sekali, guna mencukupi kebutuhan nutrisi sang buah hati dan tubuh anda sendiri.

        4. Wortel

Salah satu sayuran yang merupakan makanan sehat bagi ibu menyusui adalah wortel. Yang satu ini memiliki kandungan sayur provitamin A, yaitu betakaroten yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan dalam sayuran wortel memang dapat meningkatkan produksi ASI dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu menyusui.

Selain baik untuk produksi asi kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel sangat baik untuk orga mata anak maupun ibu yang sedang menyusui. Serta serat yang tinggi juga baik untuk organ pencernaan ibu. Jika bunda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal bunda bisa memakan wortel ini secara langsung setelah dicuci dengan bersih atau bisa dengan cara di jus dan tambahan lainnya untuk menjadikan rasanya agar lebih enak saat dikonsumsi.

        5. Bayam

Sayuran lain yang juga baik untuk ibu menyusui adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini memang menjadi andalan sejak masa kehamilan. Bayam memang memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui mulai dari zat besi, kalsium, asam folat, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Kandungan kalsiumnya yang tinggi membuat

Tips untuk bunda yang ingin mengonsumsi bayam, jangan terlalu lama memasaknya karena kandungan gizi yang ada pada bayam sangat rentan terkena panas, yang nanti mengakibatkan kandungan gizinya hilang maupun berkurang.

        6. Susu dan produk susu olahan

Makanan sehat untuk ibu menyusui berikutnya adalah susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju. Susu adalah sumber kalsium dan kalsium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi.

        7. Yam

Manis banyak disebut sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui, tetapi belum ada penelitian ilmiah apakah benar ubi dapat meningkatkan produksi ASI. Meski begitu, manis memang tetap menjadi makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ubi jalar mengandung vitamin A, kalsium, dan zat besi.

        8. Pepaya muda

Pepaya dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Konsumsi pepaya muda itu sendiri memang lumrah di Indonesia. Pepaya muda atau pepaya mengkal sangat enak untuk diolah menjadi salad yang sehat bagi ibu menyusui.

        9. Pisang

Pisang juga menjadi buah lain yang sangat baik untuk ibu menyusui. Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan menjaga asupan kalium Anda sangat penting saat kehamilan yang sama dan juga selama menyusui.

        10. Kacang

Kacang adalah sumber protein yang baik. Kacang-kacangan seperti almond juga mengandung vitamin E dan omega 3. Pilihan kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kacang mede dan bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk ibu menyusui.

Namun jangan lupa juga untuk teliti sebelum pengolahan sehingga kacang masih bagus untuk kesehatan.

Tips Menjaga Produksi ASI

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyusui agar produksi ASI masih cukup dan sehat:

        1. Penuhi kebutuhan cairan

Makan sangat banyak air putih yang dibutihkan oleh ibu menyusui. Bila perlu, konsumsi jus buah juga bisa dilakukan. Saat menyusui, ibu membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tubuhnya terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi ASI terhambat.

        2. Hindari stres dan istirahat cukup

Bayi yang baru lahir kadang-kadang menuntut orang tua mereka karena banyak yang bangun di malam hari ataupun tengah malam. Namun, ibu menyusui harus tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika kelelahan atau kurang istirahat, maka produksi ASI juga bisa dikurangi.

Terlalu banyak pikiran juga dapat membuat produksi ASI terhambat. Ibu sering mengalami berbagai jenis kekhawatiran ketika dihadapkan dengan bayi yang baru lahir. Jika mendapat masalah, mintalah saran kepada orang-orang di sekitar Anda agar lebih tenang. Jika perlu Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter.

        3. Hindari alkohol dan merokok

Alkohol dapat menngurangi produksi ASI. Hindari alkohol dan merokok juga merupakan salah satu langkah hidup sehat yang tidak hanya baik untuk ibu, tetapi buah juga baik untuk jantung Anda.

Nutrisi yang diperoleh bayi menyusui, sangat tergantung pada ibu. Jika Anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, maka ibu menyusui juga harus makan makanan terbaik. Karena alcohol juga buruk untuk perteumbuhan otak sang bayi dalam kandungan. Dan zat – zat rokok juga buruk untuk bayi dalam kandungan yang bisa menyebabkan cacat.

Kunci makanan sehat bagi ibu menyusui pada dasarnya seimbang dengan konsumsi makanan bergizi. Jika Anda memiliki masalah tentang pemberian ASI, jangan ragu untuk sharing dengan orang terdekat atau berkonsultasi oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.