Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri muncul di jaringan lunak di mulut, di pangkal gusi, di bawah lidah, atau di sepanjang sisi rongga mulut. Bentuk sariawan atau yang bisa disebut radang aphthous biasanya bulat dan putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan. Tidak hanya membuat kita susah makan tetapi juga menyebabkan kesakitan ketika berbicara. Tak heran banyak cara mengobatai sariawan dengan cepat dan tidak perih oleh orang yang menderita sakit ini.

Sariawan sering disebut ulkus aphthous, juga dengan stomatitis aphthous, cancer sores, atau mouth ulcer. Luka sariawan hanya bisa muncul satu atau beberapa buah sekaligus, tetapi bukan sariawan yang menular. Ulkus aftosa adalah penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita penyakit ini, dan wanita lebih rentan daripada pria.

Penyebab paling umum dari sariawan adalah melemahnya daya tahan tubuh, kekurangan vitamin B12 dan / atau asam folat, serta infeksi virus atau bakteri tertentu. Terkadang perubahan hormon tubuh, seperti saat menstruasi atau hamil juga dapat menyebabkan sariawan muncul.

Meskipun dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, ada baiknya menerapkan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak bergerak terutama untuk mempercepat proses pemulihan dan mencegah infeksi. Selain itu cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih  tanpa obat ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Bahkan Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak menyakitkan. Nah, berikut ini ringkasan khusus dari berbagai sumber, cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih tanpa menggunakan obat-obatan.

1. Madu

Madu adalah salah satu obat kuat sariawan. Bahkan madu adalah cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak menyakitkan. Madu memiliki anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, madu bisa menjaga kelembaban bibir.

Cara menggunakan madu sangat mudah, Anda cukup meletakkannya di bagian yang terkandung sariawan. Lakukan ini secara teratur agar sariawan lebih cepat sembuh.

2. Pisang

Pisang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak menyengat adalah dengan mengonsumsi pisang. Ternyata buah kuning ini bisa membantu menyembuhkan sariawan, lho. Lebih efektif lagi jika kalian campur dengan madu.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak disengat dengan pisang, haluskan pisang harus seperti pasta. Kemudian tambahkan madu dan aduk sampai rata. Oleskan campuran ini pada sariawan dan diamkan selama 10 menit. Setelah selesai berkumur sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

3. Aloe Vera

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak menyengat lebih lanjut adalah dengan menggunakan Aloe Vera. Aloe Vera mengandung anti bakteri yang ampuh menghilangkan sariawan. Kandungannya bisa menenangkan kulit, mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya, cukup siapkan daun Aloe Vera. Cuci hingga bersih lalu oleskan SAP dari Aloe Vera atau daging secukupnya langsung pada daerah luka sariawan.

4. Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang, daun, buah, serat dan lainnya. Berbagai produksi seperti minyak kelapa dan santannya dianggap mampu menyembuhkan sariawan. Kelapa juga mampu menenangkan suhu tubuh yang dalam beberapa kasus menyebabkan timbulnya sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak disengat dengan kelapa adalah dengan berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa berkumur atau cukup dioleskan sendiri. Sedangkan bagian santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan pada sariawan. Lakukan secara teratur, sekitar 3-4 kali sehari.

5. Air asin

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak ada yang lain menyengat dengan memanfaatkan air garam. Garam memiliki sifat antiinflamasi dan anti bakteri untuk mencegah timbulnya sariawan lebih parah. Garam juga dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah terhadap jamur ragi yang hidup di mulut. Jadi bahan ini bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air campuran untuk berkumur. Lalu bilas dengan air minum. Lakukan ini sampai pengobatan sariawan terlihat kempes.

6. Kantong teh

Kantong teh mengandung asam tannin yang mengandung anti-virus dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Berkat kandungan kantong tehnya adalah cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak menyakitkan. Kantong teh juga bersifat basa yang dapat menetralkan lingkungan asam mulut. Tujuannya agar tidak memperparah rasa sakit sariawan.

Anda cukup menggunakan kantong teh bekas. Lampirkan kantong teh di luka sariawan kalian sekitar lima menit.

7. Yogurt Biasa

Tahukah Anda jika yogurt adalah cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak terbakar? Anda harus menggunakan yogurt atau perasa tanpa pemanis.

Minum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan borok aphthous karena minuman ini dapat membantu menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Anda bisa secara teratur mengonsumsinya atau menumpahkan yogurt di area luka.

8. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dikenal karena endapannya yang anti jamur dan anti bakteri baik untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu, minyak pohon teh dapat mengendalikan pertumbuhan bakteri dan memberikan pemulihan yang cepat.

Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak sakit dengan minyak pohon teh cukup mudah, minyak pohon teh menyemprotkan air hangat. Kemudian berkumurlah dengan menggunakan larutan selama beberapa menit. Lakukan dua kali sehari sampai sariawan membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.