Cara meningkatkan konsentrasi merupakan hal yang harus diketahui, terlebih jika Anda merupakan seorang pelajar dan pekerja kantor dengan jabatan yang penting

Agar pikiran Anda tidak terpecah belah ketika sedang belajar ataupun bekerja, maka Anda tidak hanya butuh informasi terkait cara meningkatkan konsentrasi. Akan tetapi Anda juga perlu tahu apa saja sebenarnya yang membuat konsentrasi mudah buyar hanya karena hal kecil. Di sini, semua informasi itu akan lebih mudah Anda peroleh. Ketika konsentrasi dapat ditingkatkan maka kinerja Anda dalam bekerja dan belajar akan lebih baik. Hasil yang diberikan pun sangat memuaskan.

Beberapa Penyebab Seseorang Kehilangan Konsentrasi

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sulit berkonsentrasi. Sulit konsentrasi tidak hanya terjadi pada usia tertentu, akan tetapi terjadi pada semua usia. Jika sekarang Anda pun sedang merasakan sulit berkonsentrasi maka Anda harus mengetahui apa pemicunya. Di sini ada 7 alasan mengapa konsentrasi dapat mudah buyar.

1. Kadar hormone dalam tubuh rendah

Ketika pikiran Anda sangat mudah buyar maka ini mengindikasikan bahwa tubuh Anda telah kekurangan hormone ataupun vitamin, terutama ketika Anda sedang dalam kondisi yang begitu lelah. Jika tubuh telah kekurangan hormone maka metabolisme akan melambat. Hal tersebut membuat aliran darah serta fungsi sel ke berbagai organ menjadi lebih sedikit. Untuk mengatasi ini maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Sehingga nantinya Anda akan diberi anjuran agar tubuh tidak kekurangan vitamin. Apabila hal ini tidak segera ditindaklanjuti maka akan menyebabkan penurunan dalam kognitif.

2. Terjadi kerusakan hormone

Sulit berkonsentrasi merupakan keluhan yang paling sering terjadi, terutama pada wanita yang perimenopause. Seorang ahli psikologi mengatakan bahwa untuk mengatasi hal tersebut harus menjalani sebuah terapi. Ketika terapi telah dilakukan dengan baik maka hormone akan tergantikan dan ingatan akan mudah untuk kembali.

3. Pengaruh obat-obatan

Cara meningkatkan konsentrasi salah satunya harus mengetahui penyebabnya. Apabila Anda sering mengonsumsi obat-obatan, bisa jadi konsentrasi mudah buyar karena pengaruh obat-obatan tersebut. Beberapa contoh obat yang akan mempengaruhi konsentrasi adalah obat anti depresan. Mengapa begitu? Pasalnya obat anti depresan akan menyebabkan suasana hati mudah berubah-ubah. Selain itu obat anti depresan akan memicu rasa kantuk. Untuk itu Anda harus menjauhi obat-obatan anti depresan jika memang ingin konsentrasi meningkat.

4. Merokok

Ternyata cara meningkatkan konsentrasi yang berikutnya adalah mengurangi merokok atau berhenti merokok. Semakin sering Anda merokok maka materi yang terdapat pada otak akan cepat menghilang. Bahkan ketika suatu saat berhenti merokok, maka banyak orang yang sulit berkonsentrasi. Untuk itu Anda harus melakukan terapi agar sedikit demi sedikit aktivitas merokok dapat dikurangi. Namun yang paling penting ketika proses berhenti merokok, keadaan hati dan pikiran Anda harus senang dan tidak terpaksa untuk melakukan itu.

5. Mengonsumsi makanan tidak sehat

Ketika makanan yang dikonsumsi kurang sehat maka pada akhirnya akan berdampak cukup besar pada mental seseorang. Hal tersebut telah dilakukan penelitian, bahwa makanan yang tidak sehat akan meningkatkan resiko yang sangat buruk. Contohnya saja obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi dan sebagainya. Ketiga penyakit tersebut nantinya akan mengganggu kesehatan kognitif pada seseorang dan akhirnya menimbulkan permasalahan berupa sulit konsentrasi.

6. Sibuk karena pekerjaan

Kebanyakan orang kota pasti akan sibuk dengan pekerjaan kantornya. Pada akhirnya mereka menghabiskan waktunya hanya di belakang meja dan komputer. Hal tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan dan pikiran Anda. Untuk mempertajam ingatan dan kefokusan pikiran maka Anda harus bergerak. Contohnya adalah olahraga. Pasalnya jika kebiasaan butuk dilakukan terus menerus akan memicu penyakit yang berama Alzheimer.

7. Merasa cemas yang berlebihan

Mengurangi rasa cemas yang berlebihan akan menjadi cara meningkatkan konsentrasi seseorang, pasalnya suasana hati ketika gelisah akan membuat seseorang lebih waspada terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi yang harus Anda lakukan adalah menenangkan pikiran, dan menghapus segala ketegangan yang terjadi. Entah itu karena urusan pekerjaan maupun sekolah.

5 Contoh Terapi Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Sebenarnya cara meningkatkan konsentrasi tidak sesulit yang dipikirkan. Pasalnya Anda hanya membutuhkan beberapa terapi sederhana. Bahkan terapi tersebut pun dapat dilakukan sendiri di rumah. Penasaran? Inilah 5 contoh terapinya :

1. Melakukan meditasi

Salah satu terapi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi adalah meditasi. Meditasi ini harus Anda lakukan setidaknya 60 menit dalam sehari. Untuk melakukan meditasi memang sulit dan banyak orang yang melakukan latihan agar dapat meditasi dengan baik. Ketika meditasi dapat Anda lakukan dengan benar, maka konsentrasi akan mengalami peningkatan. Pasalnya meditasi akan membuat pikiran Anda lebih fokus. Anda dapat merasakan udara segar yang masuk ke dalam saluran pernapasan dan menghembuskannya perlahan.

2. Mendengarkan musik klasik

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa mendengarkan musik klasik dapat menjadi cara meningkatkan konsentrasi seseorang. Di sini Anda harus mendengarkan dan fokus terhadap instrument yang dimainkan oleh musik tersebut. Ketika waktu suntuk Anda diisi dengan mendengarkan musik klasik tersebut maka ini pun merupakan meditasi. Sehingga pikiran Anda akan lebih fokus dengan satu hal.

3. Mencari solusi untuk rasa stress yang dialami

Setiap orang pasti memiliki masalah dan terkadang masalah tersebut menimbulkan pikiran dan hati yang tertekan. Namun mulai sekarang Anda harus lebih enjoy ketika menemukan masalah. Jadi yang harus dilakukan ketika menemukan masalah adalah mencari solusi tepatnya. Ketika solusi sudah ditemukan, maka masalah yang dialami akan hilang dan pikiran pun tidak akan stress.

4. Menikmati keindahan alam

Ketika pikiran sudah benar-benar merasa suntuk dan stress maka yang harus Anda lakukan adalah ergi keluar dari rumah ataupun kantor. Suara ombak dan nyanyian burung itu sangat tepat untuk Anda dengarkan selagi merasa suntik. Begitu pula hembusan angin, pastinya akan menenangkan dan membuat hati terasa begitu damai. Untuk menikmati keindahan alam, Anda hanya perlu duduk serta menikmati alam sekitar. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan kefokusan dalam berpikir.

5. Fokus dengan satu jenis pekerjaan

Kegagalan dalam memfokuskan suatu pekerjaan memang sering terjadi. Hal tersebut biasanya akan terjadi ketika seseorang melakukan pekerjaan sekaligus alias multitasking. Di sini otak Anda akan dipaksa untuk fokus pada banyak hal. Hal tersebut tentu akan membuat kerja otak sangat berantakan. Untuk itu Anda harus memprioritaskan, manakah pekerjaan yang harus diselesaikan dahulu. Dengan memperhatikan prioritas maka Anda pun menjadi lebih nyaman dan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadlinenya.

Selain kelima cara tersebut, kami masih memiliki satu cara lagi untuk meningkatkan konsentrasi. Cara meningkatkan konsentrasi jenis ini sudah sering dilakukan orang, yaitu mengisikan teka teki. Dengan mengisi teka teki maka Anda akan membangun sebuah diskusi yang sangat kreatif. Dengan begitu kehidupan Anda akan dipenuhi dengan rasa semangat dan Anda pun tidak membiarkan pikiran menganggur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.