Meskipun penelitian tentang obat rheumatoid arthritis (RA) sedang berlangsung, kita dapat mencari pengobatan di rumah untuk meredakan gejala. Diet sehat, istirahat yang cukup, mengendalikan stres, dan olahraga teratur dapat membantu mengobati rematik secara efektif. Obat-obatan tanpa resep dan perawatan alternatif juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Apa pun jenis perawatan yang dilakukan, pada prinsipnya itu bertujuan meredakan gejala rematik, mencegah kerusakan sendi lebih lanjut, bahkan untuk penyembuhan.

Berikut adalah upaya untuk mengobati rematik yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Istirahat dan relaksasi

Tidur sangat penting bagi semua orang, tetapi sangat penting bagi penderita rheumatoid. Usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam. Tidur siang juga penting, terutama bagi Anda yang kurang tidur di malam hari. Jika Anda berurusan dengan insomnia untuk meluangkan waktu tidur, maka ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan, seperti dijelaskan dalam artikel berikut: 23 Cara Mengatasi Insomnia Bagi Anda Yang Memiliki Kesulitan Tidur

2. Olahraga

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk melawan kelelahan, memperkuat otot, dan meningkatkan rentang gerak sendi. Latihan aerobik seperti peregangan ringan, berjalan, berenang, dan bersepeda sangat baik untuk menjaga kekuatan dan fleksibilitas sendi pada pasien rematik. Untuk melindungi sendi, hindari olahraga berdampak tinggi yang membutuhkan energi besar dan membebani sendi. Jika perlu, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda tentang jenis olahraga yang direkomendasikan dan berapa lama yang tepat untuk Anda. Intinya, persendian yang mengalami rematik harus selalu bergerak untuk menjaga fleksibilitas, rentang gerak, dan mempertahankan fungsi normal.

3. Tai Chi

Tai Chi merupakan olahraga dari tiongkok yang melatih kesadaran serta pernafasan, yang baik untuk mengatur tubuh, pikiran dan jiwa. Satu studi menunjukkan bahwa tai chi dapat meningkatkan fungsi sendi pada pasien rematik. Pastikan Anda mendapatkan pelatihan dari instruktur berpengalaman yang memahami kondisi Anda. Jangan membuat gerakan yang memperburuk nyeri sendi.

4. Krim, gel, dan lotion

Krim, gel, dan lotion topikal dapat digosokkan langsung ke kulit untuk membantu meredakan nyeri sendi. Ketika kulit menyerap bahan, rasa sakit akan mereda dalam jangka waktu yang bervariasi. Untuk hasil terbaik, cari produk topikal yang mengandung capsaicin, salisilat, kapur barus, atau mentol.

5. Suplemen minyak ikan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada persendian yang mengalami radang sendi. Dalam penerapannya, Anda diharuskan memilih suplemen minyak ikan yang ingin Anda konsumsi. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, karena minyak ikan dapat memengaruhi obat-obatan tertentu dan meningkatkan kemungkinan memar atau pendarahan. Selain minyak ikan, ada juga perawatan alternatif dengan bahan herbal: Obat Herbal yang Terbukti Secara Ilmiah Manjur

6. Kompres panas dan dingin

Oleskan kompres es ke sendi yang meradang untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Anda bisa menggunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air es, atau bungkus es batu dengan handuk. Tapi ingat, jangan mengoleskan es batu langsung ke kulit tanpa melewatinya, karena bisa merusak kulit dan menambah penderitaan. Jika Anda mengalami ketegangan otot yang menyakitkan, air hangat akan dipilih. Mandi air hangat akan mengendurkan otot-otot dan memperlancar aliran darah sehingga efek tenang akan terasa. Anda juga dapat menggunakan handuk panas, bantal pemanas, atau kompres hangat.

7. Aspirin atau NSAID

Aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (OAIN) dapat mengatasi rasa sakit dan peradangan. OAIN yang dapat digunakan untuk mengobati rematik termasuk ibuprofen dan naproxen. Kedua obat ini dijual bebas tanpa perlu resep dokter. Untuk jenis obat yang lebih kuat, manbat di atas tidak berfungsi, sehingga dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti celecoxib, piroxicam, diclofenak, dll. Pastikan Anda meminumnya sesuai kebutuhan atau direkomendasikan oleh dokter, karena semua jenis obat tidak dapat dipisahkan dari berbagai efek samping. Dan perlu diingat, obat-obatan ini hanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tidak mengubah jalannya penyakit rematik yang diderita.

8. Jahe

Jahe telah banyak digunakan untuk mengatasi semua keluhan mulai dari masuk angin, pencernaan, migrain, hingga hipertensi. Jahe dikenal memiliki efek antiinflamasi seperti ibuprofen. Jika Anda memecahkan mual atau menghilangkannya karena perawatan saat ini, jahe dapat digunakan sebagai obat rematik alami untuk membantu mengurangi efek samping ini.

9. Ekstrak teh hijau

Teh hijau kaya akan katekin, kombinasi penting melawan artritis. Studi terbaru dilakukan dengan mengembalikan orang yang mengkonsumsi rematik yang mengonsumsi teh hijau selama enam bulan. Para peserta juga menghadiri program pelatihan yang cukup intensif di mana mereka berjalan di atas treadmill selama 45-60 menit, tiga kali sehari.

Studi ini menemukan teh hijau dan olahraga secara efektif membalikkan gejala rematik. Namun, teh hijau dapat memungkinkan atau mengurangi kerja obat-obatan tertentu. Karena itu, jangan minum obat rheumatoid alami, termasuk teh hijau, di luar pengawasan dokter.

10. Alat

Ada berbagai alat yang dapat membantu penderita rheumatoid tetap mobile. Sepatu yang dapat disesuaikan atau sisipan sepatu dapat memberikan dukungan untuk sendi yang tidak stabil di kaki dan pergelangan kaki. Tongkat dan kruk dapat menurunkan berat badan dari persendian dan membuatnya lebih mudah untuk berjalan.

11. Operasi

Pembedahan dapat meningkatkan deformitas dan membantu meringankan rasa sakit pada pasien rematik yang kondisinya parah. Operasi yang paling umum untuk RA adalah penggantian sendi total, termasuk bahu, pinggul dan lutut. Operasi rekonstruktif dapat memperbaiki kerusakan pada tendon dan mengurangi tekanan pada saraf. Prosedur yang disebut sinovektomi dilakukan untuk menghilangkan lapisan sendi yang meradang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.