Kesehatan adalah hadiah yang diberikan oleh Tuhan dan harus diperhatikan. Jika tubuh kesakitan, maka semua aktivitas akan terganggu dan membuat kita tidak nyaman bahkan bisa memengaruhi kondisi psikis. Karena itu, sebagai seorang pria adalah kewajiban kita untuk menjaga kesehatan demi mendapatkan kehidupan yang bahagia dan umur panjang. Jadi, kita tentu tidak ingin kehilangan waktu bersama dengan orang yang kita cintai.

Pertahankan kesehatan untuk dilakukan baik pria maupun wanita. Tapi kalau dilihat dari beberapa segi, cara menjaga kesehatan antara pria dan wanita tentu berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor anatomi tubuh, terutama untuk alat masalah kesehatan reproduksi, dan perbedaan lain yang disebabkan oleh faktor usia. Beberapa rawan penyakit diderita oleh alat reproduksi wanita yang terkait dengan kanker payudara dan kanker serviks. Kedua penyakit ini menjadi mimpi buruk bagi para wanita karena mampu merenggut nyawa mereka.

Dengan demikian, untuk menghindari kerusakan pada kedua penyakit bersama dengan penyakit lain, wanita harus menjaga kesehatan tubuh mereka. Apalagi di usia 40-an hormon estrogen pada wanita sudah menurun, sehingga stamina wanita juga menurun. Berikut 9 tips bagi wanita untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

Wanita itu memang dikenal oleh makhluk hidup yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat dan usia lebih lama daripada pria. Namun wanita masih perlu menjaga kesehatannya. Bahkan kesehatan yang terjaga mampu membuat kecantikan alami tetap terpancar. Karena wanita dari segala usia ingin tampil cantik bukan?

Jadi, Anda sebagai wanita dituntut untuk peduli dengan kesehatan dan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kecantikan. Lalu bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari semua penyakit yang mungkin mengancam? Inilah cara yang harus Anda ikuti:

1. Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat

Cara pertama yang menjadi kunci keberhasilan menjaga kesehatan pada wanita adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini terutama sebagai upaya pencegahan dalam menghindari risiko terkena kanker payudara. Kami menyarankan Anda menerapkan cara ini dalam kehidupan sehari-hari sehingga sel kanker tidak mengalami pertumbuhan yang tidak wajar.

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, biji-bijian, ikan, dan buah-buahan. Sayuran seperti bayam, selada dan brokoli, yang memiliki kandungan serat yang tinggi juga mengandung sulforaphane yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan melawannya.

Sedangkan sayuran seperti kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti pir, anggur dan jeruk adalah makanan sehat yang dapat meningkatkan metabolisme dalam sistem tubuh dan mengurangi produksi estrogen yang merupakan zat pemicu dari pertumbuhan sel kanker. Biji-bijian atau kacang-kacangan yang unisex bagus untuk menjaga kesehatan payudara, terutama kacang kedelai.

Salah satu zat penting dalam kacang kedelai ini adalah genisten, zat yang mampu mengikat reseptor dan menghentikan pertumbuhan payudara yang tidak normal dari sel kanker. Kedelai dapat dikonsumsi dengan variasi yang berbeda, tetapi Anda harus tetap ingat bahwa pemrosesan juga patut diperhatikan. Usahakan untuk tidak mengonsumsinya dalam bentuk gorengan, karena adanya karsinogen di dalamnya sehingga dapat menimbulkan kanker.

Kemudian untuk jenis ikan, ada baiknya Anda mengonsumsi ikan laut yang kaya omega 3 seperti tuna, salmon, sarden, dan mackerel. Kandungan omega 3 pada ikan berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari risiko kanker.

2. Jaga Kesehatan dengan memperhatikan Berat Badan Dan Menerapkan Diet Sehat

Cara selanjutnya demi menjaga kesehatan wanita adalah dengan selalu memperhatikan berat badan. Ini tidak berarti Anda harus panik ketika mengalami kenaikan berat badan sedikit saja, karena wanita tidak ingin terlihat gemuk, padahal sebenarnya tidak demikian.

Memperhatikan berat yang ditentukan adalah sebanyak mungkin Anda memperhatikan berat badan Anda agar tetap normal dan ideal. Tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Wanita biasanya akan langsung merasa tertekan ketika tubuhnya sedikit menggemuk, dan dengan demikian akan merasa bangga ketika tubuhnya kurus. Ini sepenuhnya salah. Wanita masih membutuhkan lemak dalam tubuh, sehingga berat yang harus dijaga adalah berat badan ideal, bukan berat ringan yang membuat Anda terlihat kurus dan tidak sehat.

Sementara kondisinya terlalu gemuk juga tidak dibenarkan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. Apalagi obesitas sudah masuk dalam kategori obesitas. Obesitas adalah suatu kondisi di mana semua bagian tubuh memiliki kelebihan lemak, sehingga dapat mengganggu kebebasan bergerak, serta mampu terserang penyakit seperti penyakit jantung.

Untuk menghindari masalah obesitas dan kekurangan berat badan, Anda harus memperhatikan apa yang Anda konsumsi sesuai dengan berat tubuh Anda. Karena itu, mulailah melakukan diet sehat. Diet sehat tidak hanya bermanfaat bagi wanita yang mengalami kelebihan berat badan, tetapi juga wanita yang mengalami kekurangan berat badan. Makanan konsumsilah-makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan-ikanan. Hindari makanan dan minuman yang tidak sehat dan mengandung banyak MSG, pengawet, pewarna buatan dan pemanis buatan.

3. Lakukan Olahraga Secara Reguler

Langkah selanjutnya dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah melakukan olahraga. Latihan ini juga bisa menjadi penyeimbang bagi Anda yang sedang melakukan diet. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar, karena metabolisme dalam tubuh menjadi lancar, aliran darah juga berjalan lancar, detak jantung menjadi lebih sehat, dan keringat yang dihasilkan mampu mengeluarkan racun dan racun dari dalam tubuh.

Ada beragam olahraga yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kemahiran. Anda tidak harus melakukan semua olahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Jika Anda seorang wanita karier memiliki waktu untuk melakukan olahraga berat yang sempit, maka Anda dapat menyisihkan waktu setidaknya 15 menit untuk jogging atau berlari di treadmill. Tetapi bagi Anda yang memiliki cukup waktu luang, Anda bisa mengikuti senam aerobik atau berenang untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

4. Hindari Mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol

Mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol lebih identik oleh kaum pria. Tetapi seringkali juga seorang wanita yang mengkonsumsi bahan adiktif kedua. Sebagian besar alasan yang dikemukakan adalah bahwa merokok dan alkohol dapat meredam dan menghilangkan stres. Ini memang salah. Dilihat dari sisi agama, bagaimanapun, kedua objek ini termasuk haram karena efeknya dapat merusak diri sendiri.

Wanita bahkan lebih rentan terhadap efek berbahaya dari pengonsumsian yang terpapar rokok dan alkohol. Terutama bagi wanita yang sedang hamil dan wanita menyusui. Rokok mengandung nikotin yang mampu menyebabkan kanker dan akan sangat berbahaya bagi payudara dan rahim yang merupakan alat reproduksi wanita. Alkohol juga bahaya yang sama. Mengkonsumsi alkohol setidaknya dua gelas per hari saja sudah bisa membuat Anda mengalami risiko gangguan kesehatan payudara sebesar 21% dibandingkan tanpa mengonsumsinya.

5. Jaga Kesehatan Anda Sendiri dengan mengatur tingkat stres

Wanita biasanya lebih rentan terkena stres. Ini karena terlalu banyak beban pikiran yang dipikirkan oleh wanita. Namun beban pikiran atas hal itu tentu saja tidak baik untuk kesehatan wanita jika dilakukan berulang kali. Usahakan untuk selalu mengatur stres Anda agar tidak mengganggu kesehatan.

Solusinya yaitu menemukan hal yang dapat mencegah Anda dari stres setiap hari. Bisa makan makanan seperti penghasil suasana hati cokelat serta es krim, tapi ingat jangan sampai mengonsumsinya. Atau bisa dengan mendengarkan musik, berolahraga, menonton film, atau bertemu dengan teman-teman. Salah satu penghilang stres terbaik adalah dengan liburan. Jadi, bawa kosong Anda untuk berlibur bersama teman atau keluarganya untuk mengatasi masalah stres Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.