Apakah anak Anda mengalami dahak dan apakah itu mengganggunya? Mungkin mereka telah berusaha untuk menyingkirkan dahak, tetapi apa yang bisa dilakukannya tidak berhasil. Cara menyingkirkan dahak pada anak membutuhkan bantuan dari orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Jadi, ketahui cara menghilangkan dahak pada anak.

Apakah itu dahak?

Dahak adalah jenis lendir kental di tenggorokan. Biasanya, dahak bisa keluar saat batuk. Ada beberapa jenis dahak, yaitu lendir berair, dahak kental, dahak kuning, dan dahak hijau.

Bagaimana menghilangkan dahak pada anak-anak

Sputum pada anak-anak harus segera dilepaskan. Ini karena dapat mengganggu dirinya dan bahkan dapat menghambat jalur pernapasannya. Karena itu, orang tua harus tahu cara mengeluarkan dahak pada anak.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan dahak pada anak-anak:

1. Hadapi anak itu

Cara pertama untuk menyingkirkan dahak pada anak yang bisa Anda coba adalah memasukkan anak Anda ke dalam perut. Tepuk punggung anak dengan perlahan jika batuk. Metode ini juga bisa dilakukan pada bayi.

2. Tingkatkan konsumsi cairan

Tubuh yang tetap terhidrasi dengan baik dapat mengencerkan dahak. Dahak yang menjadi lebih berair akan mudah terbuang sia-sia. Jadi, jika anak Anda masih bayi, gandakan berikan ASI dan air putih (lebih dari 6 bulan).

Jika anak Anda adalah balita atau lebih, beri dia air yang cukup. Sediakan menu yang bermanfaat sehingga anak-anak bisa mendapatkan cairan yang cukup. Ini bisa membuat dahak terbuang dan napasnya kembali lega.

3. Minumlah air hangat

Kebutuhan cairan yang memadai akan lebih baik jika ditambah dengan kondisi cairan hangat. Cairan hangat bisa membuat dahak berair lagi. Anda bisa memberi anak Anda air hangat, teh hangat, susu hangat, atau sup hangat.

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memastikan kehangatan cairan. Air hangat bukanlah air panas atau air dingin. Jangan juga memeriksa air hangat hanya dari Anda, tetapi pertimbangkan pendapat si anak.

Cobalah dulu untuk bertanya kepada anak apakah airnya cukup hangat untuknya. Jika anak mengatakan airnya hangat maka Anda bisa memberikannya dan memintanya untuk meminumnya. Anak-anak juga perlu menjelaskan manfaat dari minum air hangat untuk mengeluarkan dahak.

4. Berikan madu kepada anak-anak

Madu telah terbukti memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Ini membuat madu mengatasi penyakit yang membuat anak Anda berdahak. Ketika penyakit ini sembuh juga bisa mengurangi gejalanya, yaitu dahak.

Anak-anak yang mengonsumsi madu ketika mengalami dahak akan merasa terbantu karena produksi dahaknya bisa berkurang. Anda bisa menambahkan madu kepada anak-anak dengan mencampurkannya ke dalam air hangat atau teh hangat, hal ini bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Namun, perlu diingat bahwa bayi di bawah 1 tahun disarankan untuk tidak memberikan madu.

5. Menghirup uap

Cara menghilangkan dahak pada anak juga bisa dilakukan dengan menghirup uap. Rendam air hangat di baskom. Campurkan cukup minyak kayu putih atau minyak telon ke dalam air hangat.

Pegang posisi anak di dekat baskom atau minta anak untuk menghirup uap di baskom sehingga anak dapat menghirup uapnya. Uap ini bisa membuat dahak menjadi lebih berair dan mudah dihilangkan.

6. Berkumur dengan air garam hangat

Dahak di paru-paru atau tenggorokan juga bisa dihilangkan dengan berkumur. Siapkan larutan air garam hangat kemudian minta anak untuk berkumur. Larutan air garam dibuat dengan menambahkan 1/2 sdt garam dengan segelas air hangat.

7. Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah bahan yang mudah didapat dan sering tersedia di dapur. Penggunaan rempah tidak hanya sebagai bumbu. Beberapa herbal dapat digunakan untuk mengeluarkan dahak pada anak-anak.

Ada sejumlah herbal yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan dahak anak, yaitu seperti bawang putih, jahe, ginseng, dan lainnya. Rempah-rempah ini dapat dikonsumsi baik dengan mencampurkannya ke dalam piring atau ke dalam minuman hangat.

Dalam bumbu ini mengandung zat yang bisa membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan lendir berlebih. Jadi, jika anak mengkonsumsi rempah-rempah, dahak mudah dihilangkan dan dikurangi.

8. Hangatkan tubuhnya

Lendir anak akan mudah diangkat jika tubuhnya hangat. Selain mengonsumsi cairan hangat, dahak bisa dihilangkan dengan membuat tubuh anak hangat. Mandi atau berendam di air hangat bisa membuat tubuh anak hangat dan dikeluarkan dengan mudah.

9. Gunakan daun sirih

Daun sirih tidak hanya berguna untuk masalah kewanitaan. Daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang dialami anak-anak. Salah satu masalah anak-anak ini adalah dahak.

Kukus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu, oleskan dada anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih terlebih dahulu. Ini bisa membuat dada anak lebih hangat. Jika sudah maka waktu untuk lembar daun sirih menempel di dada anak selama beberapa menit. Dada yang hangat bisa membuat dahak lebih tipis dan mudah diangkat.

10. Minumlah air lemon hangat

Cara menghilangkan dahak pada anak juga bisa dilakukan dengan memberi air lemon hangat. Namun, jangan terlalu banyak memberikan jus lemon pada anak. Sama seperti rempah-rempah, lemon mengandung zat yang dapat mengurangi produksi dahak berlebih.

Itulah beberapa cara untuk menyingkirkan dahak anak-anak bergaya rumahan yang sangat mudah dilakukan oleh setiap orangtua. Bagaimana? Metode mana yang akan menjadi pilihan untuk segera dibuat? Namun, jika semua metode alami ini tidak berhasil, berkonsultasilah dengan dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.