Setiap orang pastinya memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda, ada yang terkena hujan panas tidak sama sekali sakit namun ada juga orang yang terkena cuaca dingin sedikit saja sudah sakit. Jika Anda mengalami hal berupa sakit pada cuaca dingin maka dapat dipastikan Anda adalah orang yang mengalami alergi dingin, tidak jarang jika orang yang mengalami alergi dingin mudah sekali terserang penyakit seperti Flu, batuk pilek, demam dan sebagainya.
Alergi dingin merupakan hal wajar pada tubuh karena perbedaan sistem imun tubuh. Namun jika sedang terjadi musim penghujan maupun badan tidak enak sedikit saja Anda mudah sakit maka diperlukan berbagai pencegahan dan pengobatan. Berikut ini adalah cara mengobati alergi dingin pada hidung secara alami yang bisa Anda coba diantaranya :

 1. Menjaga Suhu Badan Agar Tetap Hangat
Alergi dingin membuat tubuh bereaksi dengan cepat dan mengakibatkan Anda tidak enak badan, hal ini bisa dicegah dengan cara membuat tubuh tetap hangat. Anda bisa memakai jaket atau baju tebal untuk melindungi tubuh dari cuaca yang dingin, dengan hal ini akan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan tidak merasa dingin.
Selain itu Anda bisa mengatur suhu ruangan yang sedang ditempati agar lebih hangat, orang yang mengalami alergi dingin cenderung tidak enak jika berada di ruangan ber AC. Maka dari itu aturlah suhu ruangan agar nyaman untuk Anda dan tidak menimbulkan efek alergi sepeti hidung yang tersumbat.

2. Minum Obat yang tepat
Sebenarnya alergi tidak bisa dihilangkan namun bisa dicegah dan diredakan gejalanya, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung antihistamin. Kandungan bahan ini akan menghalangi reaksi histamin terhadap alerger (penyebab alergi) sehingga gejala yang disebabkan oleh alergi bisa berkurang. Anda bisa meminta resep dokter apabila ingin mengatasi gejala alergi dengan tepat. Dokter akan memberikan beberapa resep yang bisa digunakan untuk mengurangi gejala alergi.

3. Makan Makanan Sehat
Saat alergi melanda menandakan tubuh Anda membutuhkan tenaga untuk tubuh, maka dari itu pastikan untuk selalu makan makanan sehat seperti buah dan sayuran segar. Dengan hal ini tentunya akan membantu memenuhi kebutuhan akan gizi bagi tubuh. Buah yang bisa dikonsumsi seperti mangga, jambu biji dan nanas. Sedangkan sayuran diprioritaskan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, juga kacang hijau. Selain itu perlu diperhatikan proses memasak yang benar agar kandungan vitamin dalam sayuran bisa didapatkan secara lebih .


4. Menjaga Pola Tidur
Tidur yang tercukupi akan membuat tubuh tidak terlalu lelah dan juga memiliki daya tahan tubuh yang baik. Kekurangan tidur dapat menimbulkan berbagai gejala selain alergi seperti pusing, kerusakan sel otak dan lain-lain. Maka dari itu diperlukan jam tidur yang tepat agar tidak terjadi alergi dingin pada hidung. Anda bisa mencukupi jam tidur antara 5-8 jam tidur untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak adalah 8-10 jam, memenuhi jam tidur membuat reaksi dari histamin menjadi berkurang dan tubuh akan memiliki denyut jantung yang tenang.

5. Minum Banyak Air
Memenuhi kebutuhan cairan merupakan point penting untuk mengobati alergi dingin pada hidung, kebutuhan cairan yang terpenuhi akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lancar dan juga tersalurnya gizi yang terserap oleh usus ke bagian tubuh. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan 2 liter dalam sehari, selain itu memenuhi kebutuhan cairan dapat mencegah dari dehidrasi dan juga melembabkan kulit yang kering.

6. Olahraga
Tubuh yang mengalami alergi dingin tidak harus berdiam diri dan menghangatkan tubuh saja, namun Anda bisa mengobati alergi dingin pada hidung dengan cara berolahraga. Olahraga akan membakar kalori dan membuat tubuh berkeringat, hal ini tentunya juga akan membuat tubuh menjadi hangat karena banyak dari tenaga yang terbakar untuk melakukan aktifitas. Anda bisa melakukan olahraga seperti lari, senam irama, maupun olahraga lainnya yan membutuhkan banyak aktifitas gerak. Lakukan olahraga secara teratur maka hidung yang mengalami alergi akan berlangsung sembuh.

7. Mandi Dengan Air Hangat
JIka kebiasaan Anda mandi dengan air dingin setiap harinya, saat terkena alergi dingin Anda harus bisa menjaga suhu tubuh agar tidak kedinginan. Maka dari itu mandilah menggunakan air hangat, air hangat akan membantu menghangatkan tubuh sehingga gejala alegi pada hidung bisa sedikit mereda. Selain itu uap dari air hangat akan membantu menurunkan gejala hidung tersumbat dan juga membuat rongga pernapasan menjadi lebih lebar.
Cara mengobati alergi dingin pada hidung memang memiliki banyak cara, namun jika ingin terhindar dari alergi maka jaga kehangatan tubuh agar tidak muncul gejala seperti alergi dingin pada hidung. Namun jika dirasa gejala alergi semakin bertambah parah atau tidak kunjung sembuh ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.