Banyak Cara menghilangkan trauma agar bisa bangkit dan melupakan kejadian traumatis tersebut salah satunya dengan cara hadapi ketakutan yang dirasakan untuk lebih lanjut simak arikel dibawah ini.

Cara menghilangkan trauma bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya dengan cara mendekatkan diri kembali ke lingkungan sosial, mengalihkan perhatian pada kegiatan yang menarik, dengan bantuan psikiater dan lain sebagainya. menghilangkan trauma memang tidak mudah akan tetapi tauma bisa hilang jika orang yang memiliki trauma berusaha ingin sembuh dari truma tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk membantu dan melawan trauma yang anda derita.

Cara Menghilangkan Trauma

Berikut ini beberapa cara menghilangkan trauma yang wajib anda coba agar traumatis yang anda miliki hilang dan anda bisa hidup secara normal kembali tanpa rasa takut atau baying-bayang tentang kejadian yang yang membuat anda trauma :

1. Dengan cara mendekatkan diri kembali ke lingkungan sosial

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan trauma yaitu dengan cara mendekatkan diri kembali ke lingkungan sosial. Dengan kita mendekatkan diri dengan orang-orang terdekat dapatmembantu sedikit demi sedikit trauma yang kita alami, karena anda akan merasa memiliki orang-orang yang menyayangi anda ataupun orang-orang yang mensupportanda ketika anda mengalami kesulitan.

Jika anda malah sebaliknya menjauhkan diri dari orang-orang terdekat bisa menyebabkan kita sering sendirian, dan cenderung anda akan mengingat kembali apa yang membuat trauma, oleh sebab itu dengan kita berada di dekat orang-orang terdekat  anda dapat berbagi cerita dengan seseorang tersebut dan dapat mengurangi tekanan pikiran yang membuat anda traum. Dibandingkan anda menyimpan masalah yang anda alami sendirian.

Disini lingkungan yang baik untuk mendapatkan dukungan yang dibutuhkan serta masukan lain nya yang dapat membantu menghilangkan trauma yaitu anda bisa bercerita dengan keluarga dan teman dekat yang dapat mendengarkan keluh kesah yang anda pikirkan.

2. Dengan cara mengalihkan perhatian pada kegiatan yang menarik

Cara menghilangkan trauma selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengalihkan perhatian pada kegiatan yang menarik, dengan melakukan hal yang menarik ini anda bisa perlahan-lahan meghilangkan trauma yang anad miliki. Akan tetapi tidak jarang kejadian traumatis ini akan muncul kembali dalam ingatan anda, misalkan saja melalui mimpi buruk atau kejadian yang yang dapat di anggap serupa.

Contohnya seperti melihat atau mendengar berita tentang kecelakaan lalu lintas yang dapat menimbulkan kembali rasa truma pada korban kecelakan dan contoh-contoh berita lainnya yang berhubungan dengan trauma para korban. Oleh sebab itu orang yang memiliki trauma tersebut disarankan untuk sedapat mungkin menjauhakan diri dari papan informasi yang menampilkan mengenai peristia yang terkait dengan kejadian traumatik ataupun menonton berita yang memungkinkan akan menampilkan tentang kecelakaan dan lain sebagainya.

Jika anda tida sengaja melihat informasi yang dapat membuat trauma anda kembali pastikan reaksi yang anda berikan terhadap peristiwa tersebut normal, kemudian anda perlahan mencoba tenangkan diri. Selain dengan menenangkan diri anda juga bisa melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, misalkan saja dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, melakukan hobi dan lain sebagainya.

3. Dengan cara menghadapi ketakutan yang dirasakan

Cara menghilangkan trauma selanjutnya yang dapat anada lakukan yaitu dengan cara menghadapi ketakutan yang anda rasakan. Cara ini merupakan salah satu cara yang tidak mudah dilakukan, karena anda harus mengingat kembali kejadian traumatis yang dialami dan mencoba untuk mengatasi dan melawan rasa takut yang menyertainnya. Akan tetapi dengan anada melakukan hal ini dapat membantu mengendalikan apa yang anda rasakan secara bertahap.

Dengan cara anda mengingat trauma dan mengatasi ataupun melawan trauma tersebut cobalah untuk berdamai dengan kejadian yang pernah alami yang menyebabkan anda trauma. Hilangkan semua pikiran yang dapat membuat anda mengingat trauma dan anda harus bisa menghadapi dan melawan rasa takut trauma tersebut agar mengemballikan kualitas hidup anda.

4. Dengan cara menceritakan kepada orang terdekat

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan trauma adalah dengan cara menceritakan masalah trauma nada kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Dengan anda menceritakan kejadian trauma yang anda alami kepada orang terdekat dapat menjadikan langkah yang baik untuk mengatasi trauma. Dengan cara menceritakan trauma kepada orang terdekat dapat membantu atau membuat anda merasa lebih baik dan tidak merasa sendiri.

Mendapat dukungan dari orangorang terdekat dapat berpengaruh dalam meringankan rasa takut yang anda rasakan ketika anda memendamnya sendiri. Dengan begitu cara ini dapat mengatasi trauma yang anda alami.

5. Dengan cara menghindari tempat yang mengingatkan kepada masa lalu

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan trauma yaitu dengan cara menghindari tempat yang mengingatkan kepada masa laluyang pahit atau menyakitkan. Trauma masa lalu bisa saja sulit di hilangkan dan akan lebih serius jika seseorang yang memiliki trauma dibawa ke tempat yang berkaitan dengan trauma tersebut. Ketika anda tidak datang ataupun menghindari tempat yang mengingatkan truma masa lalu teringat kembali, oleh sebab itu anda dapat menghindari ingatan atau memori buruk yang kerap menjadikan anda stress.

Dengan cara menghindari tempat yang dapat mengingatkan masa lalu dapat membuat anda melupakan dan trauma anda perlahan-lahan akan memudar. Dengan melakukan hal kecil seperti ini dapat membantu meringankan beban pikiran dan trauma yang anda alami selama ini.

6. Dengan cara terapi pada psikiater

Cara menghilangkan trauma selanjutnya yang data anda lakukan yaitu dengan cara berkonsultasi ataupun terapi pada psikiater ataupun psikolog. Trauma juga dapat membuat kita merasa lelah dan mengurangi waktu istirahat. Terapi ataupun konsultasi pada psikiater disini merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi trauma tersebut. Cara ini tidak menghasilkan efek yang cepat akan tetapi penting juga untuk dilakukan agar membantu menghadapi trauma dengan kondisi pikiran yang lebih jernih.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan trauma yang dapat anda coba. Anda harus menghadapi dan melawan trauma yang dialami agar kehidupan yang anda jalani kembali kesediakala dan anda tidak akan merasa takut akan hal yang menyebabkan trauma. Jika anda tidak bisa melawan sendiri rasa trauma tersebut jangan segan untuk meminta bantuan pada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman, selain itu anda juga bisa meminta bantuan pada psikiater atau psikolog yang dapat membantu mengatasi masalah trauma yang anda alami.

Cara menghilangkan trauma memang tidak mudah. Trauma ini pada dasarnya akan menimbulkan berbagai perasaan yang tidak menyenangkan dan pastinya akan sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Hal tersebut memang wajar terjadi dan di alami oleh orang yang memiliki trauma. Oleh karena itu untuk orang yang memiliki trauma harus semangat dan berusaha untuk menghilangkan trauma tersebut. Smoga informasi ini dapat bermanfaat, selamat mencoba cara-cara yang telah ddi samapaikan diatas yang dapat membantu menghilangkan trauma yang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.