Kulit wajah selalu memiliki masalah kuit yang selalu ada tiap waktu. Hal ini karena kulit wajah sangat sensitif dan renta terkena kotoran maupun bakteri. Seringkali masalah kulit wajah seperti jerawat selalu menyerang dan masalah lain yang selalu hadir selain jerawat seperti komedo. Walaupun tidak terlalu terlihat, komedo dapat mengganggu tampilanmu saat dilihat dari dekat. Pasti bakalan bikin kita jadi kurang pedekan dan pasti teman, rekan kerja, bahkan kekasih akan terganggu saat melihat pesona wajahmu. Bagaimana cantik? Gak maukan pesona cantikmu terhalangi komedo.

Sel kulit mati yang menyumbat pori – pori pada wajah akibat minyak yang berlebih ini dapat dikategorikan pada jerawat ringan dengan dua jenis yang popular yaitu komedo terbuka (blackhead) yang memiliki warna hitam atau pun coklat, dan satu lagi jenisnya yaitu komedo tertutup (whitehead) yang memiliki warna putih. Jadi di kulit wajahmu adakan komedo terbuka atau komedo tertutup? Atau banyak komedo jenis mana? Tidak usah panik yaaa karena panduan sehat bakal beri kamu artikel bermanfaat untuk mengatasinya.

Karena hanya untuk kamu sobat Panduan Sehat yang memiliki masalah komedo bakalan bisa tenang mengatasinya dan tidak usah keluar cukup banyak uang. Langsung aja yuk cek beberapa cara menghilangkan komedomu dengan bahan – bahan alami berikut ini :

   1.Kacang Kedelai

Kandungan vitamin E yang tinggi pada kacang kedelai memiliki manfaat yang sangat baik pada kulit. Karena vitamin E yang kaya akan kandungan anti-oksidan inilah yang dapat menetralkan dari kandungan radikal bebas yang dapat merusak sel – sel tubuh termasuk sel kulit pada area muka kamu. Anti-oksidan ini juga berperan melindungi kulitmu dari bakteri – bakteri jahat yang akan masuk kedalam tubuhmu.

Cara Pemakaiannya :

Pilih kacang kedelai dengan mutu terbaik, lalu bersihkan kacang kedelai sebentar saja. Lalu rendam kacang kedelai selama 5-15 menit, sambil menunggu, kamu bisa mencuci muka dengan air hangat agar pori – pori bisa terbuka. Lalu blenderlah kedelai yang sudah direndam tadi hingga halus sempurna untuk kemudian langsung bisa dioleskan pada area wajah secara merata biarkan masket kacang kedelai meresap sempurna di wajah selama 20 menit kurang lebih. Lalu anda bisa bilas dengan air hangat maupun air dingin. Terapkan masker kacang kedelai ini secara rutin pada wajah dan rasakan perbedaan pada wajah dan komedo pun akan hilang.

     2.Tomat

Kandungan likopenin pada tomat yang sangat tinggi inilah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bersifat anti-oksidan. Hal ini yang banyak dipercaya mampu mencegah dan menghilangkan komedo jahatmu karena dapat menangkal radikal bebas dan mengangkat sel – sel kulit matimu yang menyumbat pori – pori. Kamu bisa rutin menggunakan masker dengan tomat sebagai bahan utama masker, dengan masker tomat jadikan pori – porimu mengecil sehingga bakteri dan kotoran tidak mudah masuk kedalam dan membentuk komedo ataupun jerawat. Jangan lupa juga untuk memakan tomat karena kulit wajah tidak hanya butuh perawatan dari luwar tapi juga dalam, karena anti-oksidan tomat sangat baik untuk tubuh.

Cara pemakaiannya :

Pilih tomat yang segar, lalu bilas tomat hingga bersih dan tumbuk hingga halus atau kamu bisa menghaluskannya dengan blender, kemudian oleskan masker tomat buatanmu secara merata pada wajah ( terutama pada bagian yang berkomedo ). Lalu diamkan masker selama kurang lebih 30 menit hingga mongering sempurna, dan bilas langsung dengan air dingin. Lakukan secara rutin dan teratur agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

     3.Lemon

Banyak sekali manfaat dari lemon ini yang bisa membantu tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan asam alfa hidroksi dipercaya dapat mencegah tumbuhnya komedo dan jerawat, karena kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas pada tubuh hingga ke kulit bagian dalam. Dan kandungan lainnya pada lemon yang juga dapat membantu kamu adalah asam sitrat dan astringent dalam lemon berfungsi untuk mengecilkan pori – pori pada wajah sehingga kotoran tidak mudah masuk.

Cara pemakaiannya :

Bersihkan wajah, pastikan tidak ada luka terbuka pada area wajah karena nantinya akan diolesi perasan lemon. Setelah memastikan tidak ada luka dan wajah sudah bersih, anda bisa langsung mengoleskan perasan lemon pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilaslah hingga bersih. Atau anda bisa menggunakan cara lain dengan membersihkan muka dahulu dengan air hangat, lalu potong – potong lemon dan gosok dengan lembut pada area yang berkomedo selama 5 menit kurang lebih, lalu bilaslah dengan air dingin sampai bersih.

     4.Teh Hijau

Sadar atau tidak banyak sekali produk – produk kecantikan kekinian yang menggunakan teh hijau sebagai bahan baku utama sebagai produk kecantikan kulit wajah. Itu semua karena teh hijau mempunyai kandungan yang baik untuk bagian tubuh dalam maupun luar. Kaya akan vitamin E dan anti-oksidan, teh hijau dengan kandungannya sudah pasti akan menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab komedo menempel pada wajah.

Cara pemakaiannya :

Seduh teh hijau dengan air hangat kurang lebih 15 sampai 20 menit, lalu ambil ampas seduhan teh tersebut. Lalu tempelkan ampas teh yang hangat sebelumnya ke wajah sampai ampas terlihat kering, kurang lebih 20 menitan. Atau anda bisa menggunakan cara lainnya, dengan membekukan air seduhan teh hijau hingga membeku di dalam cetakan es, dan oleskan hasil seduhan teh yang sudah membeku ke dalam wajahnya secara merata.

7 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Permanen Kurang Dari 2 Minggu dengan Madu

     5.Madu

Ya, selain madu merupakan sumber energy yang baik untuk tubuh dan mempunyai kandungan berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh. Ternyata untuk perawatan kulit wajah, madu juga sangat baik untuk membuat sel – sel kulit mati dan komedo mudah dikeluarkan dengan mudah dari pori – pori kamu karena kandungan alaminya. Konsumsi madu tiap hari juga bagus bagi tubuhmu karena kandungannya akan membuat tubuh selalu fit dan membantu daya tahan tubuh kamu terjaga.

Cara pemakaiannya :

Pastikan madu yang anda gunakan madu asli dan 100% tanpa campuran bahan lain. Oleskan madu secara merata pada permukaan wajah secara merata dan diamkan sekitar 30 menitan. Anda bisa bilas dengan air hangat atau pun air dingin. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti oatmeal maupun susu untuk menciptakan masker alami.

Gimana mudah dan murah bukan menghilangkan komedo secara alami? Walaupun kadang efek yang terlihat pada wajah dan komedo yang hilang agak lama. Tetapi bahan alami lebih baik dari pada bahan kimia yang mempercantik wajahmu dan menghilangkan komedomu. Dengan perawatan rutin dan bahkan setiap hari menggunakan perawatan diatas tidak akan ada efek samping untuk jangka waktu lama karena menggunakan bahan – bahan alami. Selain perawatan dari luar kamu juga wajib merawat tubuh bagian dalam dengan mengonsumsi nutrisi – nutrisi yang baik untuk kulit tubuh dan wajah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.