Datang bulan atau mens pada wanita pasti memiliki banyak masalah dan itu adalah hal yang wajar. Salah satunya haid yang terlambat. Datang akhir bulan ini memiliki nama medis oligomenorrhea. Wanita biasanya memiliki 11-13 kali datang bulan per tahun dengan oligomenore terjadi 6-7 kali.

Berbagai faktor terjadi haid terlambat seperti kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan. kehamilan atau menyusui, keguguran atau persalinan, konsumsi alkohol, stres, hingga adanya penyakit tertentu seperti ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim, dan anemia.

Jika Anda sering mengalami haid terlambat, maka Anda tidak perlu minum obat berbasis kimia sebagai cara mengatasi haid  yang terlambat. Jadi, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi pubertas yang terlambat secara alami dan sehat.

Cara mengatasi haid yang terlambat untuk bulan 1 minggu hingga 3 minggu

       1. Jahe

Cara mengatasi  terlambat datang bulan yang berlangsung tidak lama dalam waktu sekitar 1-3 minggu bisa Anda perbaiki dengan mengonsumsi jahe. Kenapa jahe, karena kandungannya akan meningkatkan aliran darah. Minumlah air rebusan jahe yang sudah dicampur sedikit madu atau gula untuk membuat rasanya bisa diterima olehmu untuk dikonsumsi, karena rasanya yang pedas mungkin kamu akan tidak suka. Minum air rebusan jahe secara teratur juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit saat haid.

       2. Kunyit

Kunyit telah dipercaya manfaatnya sebagai cara mengatasi datang bulan terlambat. Mengkonsumsi air rebusan kunyit bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus menstruasi. Khasiat antiinflamasi dan antispasmodik di dalamnya juga mampu mengatasi kram.

       3.Biji ketumbar

Biji ketumbar bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk mengatasi onset terlambat. Rebus beberapa sendok teh biji ketumbar, saring, dan minum 3 kali sehari untuk mengatur siklus menstruasi.

       4. Jus wortel

Sayuran wortel merupakan sumber zat besi yang baik dan fungsi hormonal dapat menyesuaikan dengan tepat. Minumlah jus wortel untuk mengatasi onset lambat selama 3 bulan berturut-turut.

       5. Adas

Anda juga dapat menggunakan adas untuk mengatasi onset lambat. Mengapa adas akan meningkatkan aliran darah secara efetif. Kemudian, sifat antispasmodik di dalamnya mampu meredakan nyeri haid.

       6. Biji Wijen

Si kecil ini ternyata ampuh untuk mengatasi onset lambat atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Minumlah air rebusan wijen setiap pagi saat perut kosong sehingga siklus menstruasi selalu tepat waktu.

       7. Kayu manis

Selain kunyit, kayu manis juga memiliki efek panas yang bermanfaat sebagai cara mengatasi pubertas terlambat. Kemudian kandungan hidroksi kaliks di dalamnya membantu mengatur kadar insulin.

       8. Pepaya mentah

Makan pepaya mentah sangat berguna untuk mengatasi pubertas terlambat. Mengapa otot berkontraksi secara positif pepaya di dalam rahim maka berguna untuk menginduksi menstruasi.

        9. Anggur

Konsumsilah anggur secara teratur sebagai cara untuk mengatasi pubertas yang terlambat.

       10. Peterseli

Jangan sia-siakan peterseli yang sering digunakan sebagai makanan hiasan. Mengapa daun bermanfaat sebagai cara mengatasi pubertas terlambat. Caranya adalah dengan menggiling peterseli dan kemudian dicampur dengan air untuk diminum.

Cara mengatasi  haid terlambat pada bulan 1 bulan hingga 4 bulan

Selain terlambat selama beberapa minggu, kadang-kadang bulan mendatang juga bisa sampai berbulan-bulan. Umum 1-3 bulan ini. Anda tidak perlu panik. Anda dapat mencoba cara menyelesaikan bulan-bulan mendatang yang terlambat yang bisa berbulan-bulan mengikuti cara alami.

       11.Safron

Bumbu-bumbu yang mahal ternyata bermanfaat sebagai cara mengatasi pubertas terlambat. Anda bisa mendapatkan manfaat rebusan kunyitnya dengan air minum sebanyak 3 kali sehari selama beberapa hari.

       12. Pare

Memang tidak banyak orang yang suka makan untuk pare. Namun mengonsumsi pare sangat ampuh sebagai metode mengatasi pubertas terlambat. Sayuran olahan dikonsumsi sebagai tambahan, Anda juga bisa membuat jus dari pare lebih baik jika Anda minum 1-2 kali sehari selama beberapa minggu.

       13. Cuka apel

Minum cuka membantu Anda sebagai cara mengatasi pubertas terlambat. Minum 1-2 sendok makan cuka apel untuk membuat jadwal menstruasi jadi teratur. Selain manfaat ini, minum cuka secara teratur akan mengurangi kadar gula dalam darah.

       14. Vitamin C

Vitamin C berkontribusi pada kesehatan tubuh, termasuk kesehatan menstruasi. Mengapa vitamin C akan meningkatkan produksi estrogen yang berkontribusi terhadap kesehatan menstruasi. Anda bisa mendapatkan suntikan vitamin C dalam buah jeruk, apel, tomat, beri dan sebagai cara mengatasi bulan-bulan mendatang yang terlambat.

       15. Aloe Vera

Ambil irisan segar Aloe Vera lalu campur dengan madu. Konsumsilah setiap hari sebelum sarapan selama 3 bulan sebagai cara mengatasi pubertas terlambat. Khasiat penyembuhan dari Aloe Vera sangat luar biasa untuk mengembalikan siklus menstruasi yang kacau. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi saat menstruasi berlangsung.

Itu beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami, kuat, sehat, efektif, tetapi Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Dengan mencoba bahan-bahan alami di atas, maka Anda dapat menghindari kontaminasi bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh dan dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.