Gangguan mental adalah masalah psikologi. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara untuk menghadapi penderita gangguan mental. Cara mengatasi gangguan mental dapat Anda temukan di sini.

Cara mengatasi gangguan mental perlu Anda ketahui, terutama bila di sekeliling Anda terdapat seorang penderita gangguan mental/ mental disorder. Gangguan mental merupakan penyakit gangguan psikologis yang bisa disebabkan karena faktor tertentu, seperti tekanan, stress, atau masalah yang berkepanjangan sehingga psikis seseorang mudah terganggu. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa kecuali. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengatasi gangguan mental dan bagaimana menghadapai orang yang menderita gangguan mental.

Jika Anda menemui orang dengan gangguan mental di sekitar Anda, Anda tidak perlu menjauhinya. Orang dengan gangguan mental hanya perlu dimengerti dan diberikan perhatian. Jika sekelilingnya malah menjauhinya, hal tersebut justru akan menambah parah gangguan mental yang ia derita. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi gangguan mental jika ada orang yang menderita gangguan mental ini di sekitar Anda. akan dijelaskan pula bagaimana memelihara pikiran supaya terbebas dari resiko gangguan mental.

Cara mengatasi orang dengan gangguan mental

Gangguan mental memang bukanlah hal yang bisa dikendalikan. Namun, ada beberapa langkah agar penderita gangguan mental dapat teratasi masalahnya. Ada pula cara agar tidak sampai mengalami gangguan mental yang dapat Anda terapkan untuk hidup tenang dalam mengelola stress dan masalah. Berikut informasi cara mengatasi gangguan mental untuk Anda.

1. Dengarkan masalahnya

Yang pertama harus Anda lakukan saat menghadapi orang yang terkena gangguan mental adalah dengan menghargai dan mendengarkan keluh kesah mereka. Orang dengan gangguan mental mudah tersinggung atau marah, Anda perlu bersabar menghadapi mereka. Hargai mereka selayaknya orang biasa dan dengarkan keluh kesah mereka dengan peduli. Jika mereka merasa dipedulikan, hal tersebut akan menjaga kondisi mental menjadi lebih stabil.

2. Jangan mengikuti halusinasi penderita

Beberapa penderita gangguan mental mungkin saja berhalusinasi atau memikirkan hal yang sebetulnya tidak ada. Contohnya, mereka merasa seperti sedang diawasi atau diikuti oleh orang jahat. Jika mereka mengatakan hal seperti ini, yang perlu Anda lakukan adalah jangan mempercayai begitu saja. berikan nasihat pelan-pelan bahwa hal tersebut tidak benar, dan Anda berada di sana untuk membantu si penderita. Buatlah agar si penderita merasa tidak sendirian dan selalu diperhatikan. Hal itu dapat mengurangi sedikit halusinasi berlebihan yang ia alami.

3. Mengurangi pandangan negatif

Biasanya, masyarakat sulit menerima orang dnegan gangguan mental, apalagi yang sudah dalam tingkat parah. Anda perlu mengurangi penilaian negatif orang-orang di sekitar kepada penderita gangguan mental. Bagaimanapun juga, bukan salah mereka memiliki penyakit psikologis seperti itu. Oleh karena itu, Anda perlu mengajak sanak saudara dna teman di sekitar Anda untuk menghargai orang yang memiliki gangguan mental. Ajaklah mereka untuk peduli dengan si penderita.

4. Memberikan perhatian lebih

Penderita gangguan mental memiliki potensi untuk membahayakan diri sendiri. Dalam kasus yang parah, mereka bahkan bisa memiliki niat untuk bunuh diri. Anda perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mereka. Yang pertama harus Anda lakukan yaitu pastikan lingkungan sekitar aman untuk si penderita dan tidak ada alat berbahaya.

Kemudian, jangan biarkan penderita gangguan mental sendirian. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penderita mental disorder mungkin saja memiliki halusinasi tingkat tinggi. Jangan biarkan mereka sendirian sehingga menyebabkan halusinasi tersebut bertambah parah. Dan Anda juga perlu memperhatikan ucapan Anda ketika berbicara dengan mereka. Penderita gangguan mental biasanya seing berkata melantur dan tidak dapat dimengerti. Namun, sebisa mungkin Anda harus selalu merespon ucapan mereka. Jangan hanya diam karena bukan itu respon yang mereka inginkan.

5. Memberikan upaya pengobatan

Yang paling dibutuhkan oleh penderita gangguan mental, di samping dukungan dan perhatian orang di sekitanya, adalah pengobatan. Upaya pengobatan perlu dilakukan dengan memberikan mental health care. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membawa si penderita ke psikolog dengan tujuan menyembuhkan atau minimal mengurangi gangguan mental. Penderita gangguan mental juga perlu perawatan intensif. Oleh karena itu, sangat penting untuk membujuk mereka agar mau dibwa ke psikolog dan menjalani perawatan seperti sesi konseling.

Biasanya, penderita gangguan mental sulit diajak untuk pergi ke dokter ataupun psikolog. Di situlah peran Anda untuk mengajaknya dan memberikan si penderita dukungan yang dibutuhkan. Jika orang di sekitarnya mau peduli, perlahan-lahan si penderita pasti mau untuk diajak pergi ke psikolog.

6. Mengatasi gangguan mental pada diri sendiri

Jika tadi sudah dibahas cara mengatasi gangguan mental pada orang lain, kali ini saatnya membahas mengenai bagaimana cara mengatasi gangguan mental di dalam diri kita. Setiap orang yang memiliki masalah gangguan mental pasti ingin sembuh. Dalam tahap ringan, orang tersebut masih sadar pada gangguan mentalnya sendiri dan ia ingin lepas dari gangguan mentalnya.

Jika Anda mengalami hal ini, yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan menjaga kondisi hati agar selalu tenang. Apapun masalah yang dihadapi, pasti akan terselesaikan jika memiliki hati yang tenang. Hal ini bisa Anda peroleh jika Anda dekat dengan tuhan. Banyak-banyaklah beribadah dan berdzikir sehingga hati menjadi tenang. Setiap ada masalah, berdzikirlah dan berusalahah untuk mengatur nafas sehingga saraf tidak kekurangan oksigen. Carilah juga hobi atau kegiatan kesukaan yang bisa Anda lakukan untuk mengalihkan diri sejenak dari stress dan masalah yang dihadapi.

7. Melakukan yoga atau pilates

Olahraga yoga atau pilates baik untuk Anda yang mencari ketenangan. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda bisa menjaga pola pikiran Anda supaya selalu tenang dan todak mudah terganggu. Hal ini akan membantu ketika Anda mengatasi masalah, pikiran Anda akan mudah mengelolanya karena sudah biasa dilatih untuk tenang.

Melatih diri dengan yoga juga bisa menjadi terapi diri supaya tidak mengalami gangguan mental yang lebih parah. Selain yoga, olahraga lain juga bisa Anda lakukan denan rutin supaya kesehatan tubuh terutama jantung dapat selalu terjaga sehingga tidak mudah stress.

Beberapa poin tadi adalah usaha dan cara mengatasi gangguan mental yang bisa saja diderita oleh siapapun. Jika Anda memiliki teman atau kerabat yang memiliki gangguan mental, janganlah menjauhi mereka karena hal itu justru akan membuat si penderita merasa sendirian dan masalah mentalnya akan semakin parah.

Dan agar diri kita bebas dari gangguan mental, kuatkanlah mental kita dengan lebih dekat kepada tuhan dan mencari ketenangan diri. Beberapa olahraga seperti yoga, pilates, dan senam rutin bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko gangguan mental. Hal paling penting agar pikiran tetap sehat dan bebas dari gangguan mental adalah dengan menjaga ketenangan hati dan melatih rasa sabar. Demikianlah artikel tentang cara mengatasi gangguan mental. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.