Depresi dapat menjadi ancaman serius bila seseorang sedang mengalami masalah berat. Anda sedang mencari cara mengatasi depresi pikiran? Artikel ini akan memberikan ulasannya untuk Anda.

Cara mengatasi depresi pikiran harus Anda ketahui agar tidak terjebak pada permasalahan mental. Jangan biarkan masalah Anda berlarut-larut hingga menimbulkan stres dan depresi, lalu membuat hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Tentu hal itu tidak Anda inginkan, bukan?

Depresi atau tekanan mental dapat disebabkan jika seseorang mengalami masalah yang terlalu berat untuk pikirannya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan depresi. Salah satunya yaitu orang bisa mengalami depresi karena menghadapi suatu masalah yang dianggap sulit diselesaikan.

Depresi atau tekanan mental memiliki banyak jenis dari perilakunya. Orang yang mengalami depresi bisa menjadi sulit tidur,suka menyendiri, berbicara aneh, bahkan senang melukai diri sendiri. Dan hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan masalah psikis lanjutan. Oleh karena itu, Anda sangat perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi depresi dan stres pada pikiran. Di bawah ini adalah info tentang cara mengatasi dan mengurangi depresi pada pikiran.

Cara mengatasi depresi pikiran dengan usaha sendiri

Yang harus Anda perhatikan pertama kali untuk mengatasi depresi adalah lihat perilakunya. Bermacam cara untuk mengatasi depresi harus disesuaikan dengan tingkat keparahan depresi seseorang. Di bawah ini adalah berbagai cara untuk mengatasi depresi diri tingkat ringan.

1. Mengatur nafas
Mengatur pernafasan sangat penting untuk dilakukan agar pikiran menjadi lebih tenang. Jika kebutuhan oksigen dalam otak terpenuhi, kinerja otak akan menjadi lebih maksimal. Biasanya, depresi disebabkan karena pikiran sulit menerima beban masalah dan kinerja otak terhambat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur pernafasan jika dirasa gejala depresi muncul, seperti merasa pusing berkepanjangan atau merasa sering ketakutan.

Anda harus mengatur pernafasan dengan menarik nafas melalui hidung dan keluarkan perlahan melalui mulut. Ulangi terus hingga pikiran menjadi lebih jernih dan hati menjadi lebih tenang.

2. Mengalihkan perhatian
Jika dirasa depresi muncul pada saat-saat tertentu, alihkan dengan hal lain yang menarik perhatian. Anda bisa mencobanya dengan melakukan aktivitas ringan yang membuat pikiran menjadi lebih rileks. Contohnya seperti menonton tv atau membaca buku. Hal kecil seperti ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari beban dan depresi. Jangan terlalu fokus pada suatu masalah sehingga depresi bisa dicegah. Jika merasakan suatu tekanan, cobalah untuk mengalihkan diri dengan aktivitas yang membuat mood naik dan menyenangkan hati. Hal tersebut meski ringan namun efektif untuk menjaga diri kita dari stres berlebihan dan depresi pikiran.

3. Melakukan hobi
Anda juga bisa mengalihkan diri dari stres dan depresi dengan melakukan aktivitas yang menjadi hobi Anda. Jika Anda senang membaca buku, maka luangkanlah waktu sejenak untuk melakukan hobi Anda. Bahkan meskipun hobi Anda adalah memancing, jika bisa luangkanlah waktu seminggu sekali untuk melakukan hobi ini.

Hal ini meski tampak sepele namun penting bagi penderita depresi. Melakukan aktivitas yang disukai akan menjaga pikiran dari kejenuhan yang menimbulkan stres dan depresi. Hal ini bisa menjadi ajang refreshing atau penyegaran pikiran meski tidak perlu harus berlibur ke tempat yang jauh. Oleh karena itu, jangan kesampingkan hobi Anda. Lebih baik mencegah depresi dengan melakukan hobi daripada mengobati saat gejala depresi semakin parah.

4. Bercerita pada orang lain
Penderita depresi cenderung menutup diri pada orang lain. Padahal, dengan menceritakan masalah pada orang lain, beban yang dirasa akan sedikit terangkat. Orang lain juga dapat membantu memberi solusi yang dibutuhkan supaya masalah dapat teratasi. Dengan bercerita, psikis diri akan merasa lebih nyaman dan tenang karena merasakan masih ada orang yang peduli.

Jika Anda merasakan depresi atau tertekan, ceritakanlah masalah Anda pada orang lain yang Anda percayai. Hal itu akan membuat beban terasa berkurang dan menjadikan diri merasa tidak sendirian. Mulai kini, jangan menyembunyikan diri dari orang lain dan mulailah membuka diri serta menerima bantuan orang lain.

5. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik yang menenangkan bisa membantu mengatasi depresi pada pikiran. Anda bisa memilih musik dengan genre yang soft atau lembut seperti musik klasik atau lagu ballad. Dengan mendengarkan musik yang menenangkan, syaraf otak menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Musik yang menenangkan seperti musik klasik juga terbukti dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Para ahli mengatakan, musik klasik bisa menstimulasi agar kondisi pikiran lebih nyaman.

Jika Anda tidak ingin mendengarkan musik, cobalah beralih mendengarkan lantunan ayat Al-Quran. Mendengarkan murattal terbukti ampuh untuk menenagkan hati sekaligus pikiran. Pada hakikatnya, jika Anda lebih dekat kepada Tuhan, Anda dapat terhindar dari stres dan depresi akibat masalah berlebihan.

6. Bangun pola pikir
Sebelum depresi menjadi semakin parah, Anda harus sadar untuk membangun pola pikir yang sehat. Pola pikir yang sehat dan positif akan menghindarkan diri dari depresi dan juga membuat tubuh lebih sehat karena sugesti otak.

Pertama, bentuklah pola pikir yang selalu positif thingking. Tekankanlah bahwa setiap hal pasti ada hikmahnya sehingga Anda tidak mudah depresi. Pikiran yang selalu melihat dari sisi positif akan lebih mudah menerima masalah dan terhindar dari resiko depresi. Selain itu, bangun pola pikir yang easy going sehingga meski terjadi banyak masalah, hal itu tidak mematahkan semangat Anda. Setiap masalah yang datang pasti ada jalan keluarnya, itulah yang harus Anda pikirkan. Dengan pikiran yang sehat dan tidak mudah terpancing masalah ini, niscaya resiko depresi dan stres dapat dikurangi.

7. Pergi ke pskiater
Terakhir, jika Anda merasa depresi yang dialami sudah terlalu parah dan sulit diatasi, segeralah pergi ke psikiater untuk mengobati depresi Anda. Carilah bantuan medis untuk menyembuhkan gejala depresi. Begitu pula jika hal ini dialami orang lain, bujuklah orang tersebut agar mau berobat ke psikiater.

Psikolog memiliki keilmuan yang lebih tinggi dan tau cara menangani gejala depresi. Gejala yang disebabkan karena depresi seperti menjadi suka menyendiri hingga senang melukai diri sendiri bisa diatasi hanya dengan pengobatan medis. Namun, pengobatan medis juga hanya akan berfungsi jika tubuh Anda menerimanya. Oleh karena itu, cobalah untuk membuka diri dan menerima bantuan psikolog. Psikolog akan mendengarkan masalah Anda dan mencoba mencari solusi untuk menyembuhkan depresi Anda.

Beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala depresi atau stres berlebih. Ingatlah untuk membentuk pola pikir yang positif sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan tidak mudah depresi. Dan yang terakhir, janganlah ragu untuk datang ke psiolog jika ingin mendapatkan bantuan psikologis maupun pengobatan mental.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi depresi pikiran yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.