Meski terkadang menimbulkan masalah bau, ketiak sering dilupakan karena posisinya selalu tertutup.

Beberapa orang memiliki bau badan yang sangat menyengat atau bisa disebut bau ketiak. Ada dua penyebab bau ketiak.

Bisa dikatakan kalau bau badan ini karena faktor keturunan dari orang tua, tetapi ada juga kasus dimana berbeda dengan orang tua atau tidak turun – temurun.

Kelenjar keringat terdiri dari dua bagian yang hamoir sama, yang pertama adalah kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk mengurangi suhu tubuh pada waktu-waktu tertentu.

Sedangkan kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang menyebabkan bau tak sedap. Kelenjar ini terletak di lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak.

Kelenjar apokrin sebagian besar ditemukan di ketiak karena memiliki pori-pori yang cukup besar untuk berkeringat.

Kelenjar akan bereaksi dengan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Karenanya, timbul bau badan yang tidak sedap.

Karena keringat ketiak ini, bau badan menjadi tidak menyenangkan. Kami sering menyebutnya bau ketiak.

Bau ketiak yang menyengat mengurangi rasa percaya diri karena orang-orang di sekitar Anda akan merasa tidak nyaman.

Alih-alih terus mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan karena bau ketiak, gunakan metode ini untuk menghilangkan bau ketiak yang dirangkum dari sumber-sumber berikut.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Atau Bau Badan

Ada 3 cara menghilangkan bau ketiak yang bisa diaplikasikan di rumah. Pertama adalah cara menghilangkan bau ketiak secara alami.

Kedua adalah bagaimana menghilangkan bau ketiak dengan gaya hidup sehat. Sedangkan metode terakhir adalah metode menghilangkan bau ketiak secara medis.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Alami dan Cepat

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirih efektif dalam memberantas masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungannya yang dalam. Vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten ada dalam daun sirih.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih yang perlu Anda lakukan adalah mandi menggunakan air rebusan. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air kemudian campurkan ke dalam bak air yang Anda gunakan untuk mandi. Lakukan ini secara teratur sehingga bau ketiak Anda akan segera hilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas adalah tanaman kecil yang sering tumbuh di pantai. Daun beluntas adalah tanaman liar yang dapat tumbuh bahkan tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak senyawa yang tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, phalovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara mengonsumsi daun beluntas sebagai cara menghilangkan bau ketiak itu mudah. Anda hanya perlu minum air rebusan beluntas dua kali sehari.

3. Daun kemangi

Minyak atsiri dalam kemangi dipercaya sebagai cara alami dan aman untuk menghilangkan bau ketiak. Selain itu, kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Anda hanya memakannya sebagai sayuran segar. Cukup dengan segenggam basil setiap pagi dan sore.

Tetapi jika Anda tidak menyukainya sebagai mahasiswa baru. Anda bisa menggunakannya sebagai teh. Keringkan kemangi, lalu tumbuk sampai halus, seduh dengan air panas lalu saring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.

4. Cengkeh

Cengkeh adalah ramuan tradisional yang mengandung minyak esensial dan dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau ketiak dengan mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam siung dalam air panas selama 15 menit. Dapat ditambahkan dengan madu saat Anda ingin meminumnya. Minumlah dua kali sehari secara teratur, tentunya bau badan Anda akan hilang.

5. Jeruk purut

Meski asam, jeruk nipis memiliki puluhan bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jeruk purut mengandung serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, natrium, dan kalsium. Anda cukup memeras 1 jeruk purut dan mencampurnya dengan segelas air. Minumlah dua kali sehari secara teratur.

6. Kapur

Tidak hanya jeruk purut yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Bahan lain dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, zat besi, tembaga, kalium, kalsium, zat gizi, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama seperti ketika Anda menggunakan deodoran saat. Gunakan setelah mandi sebagai pengganti deodoran.

7. Bunga kecombrang

Tidak hanya buah – buah lain yang mengandung antioksidan tinggi tetapi bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonoid, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosida, steroid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan mineral. Zat ini bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah meremukkan bunga dan batang kecombrang secara kasar dan menggunakannya seperti sabun pada tubuh. Gunakan setiap kali Anda mandi.

8. Temulawak

Curcuma juga mengandung minyak esensial dan zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau ketiak. Untuk menghilangkan bau ketiak, caranya adalah meminum jus curcuma. Pertama, parut jahe dan beri air sambil diperas. Tambahkan 1 sendok teh madu jika Anda merasa baunya tidak enak dan rasanya aneh.

9. Jahe

Ini dia cara mudah menghilangkan bau badan dengan jahe. Karena jahe ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan getah pahit. Minyak esensial, seperti yang sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara teratur akan membantu menghilangkan bau badan.

10. Cuka apel

Asam tartar dalam apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asem asetat juga ada dalam cuka apel. Asam asetat ini berfungsi sebagai antimikroba. Cara menghilangkan bau ketiak dengan cuka apel adalah dengan menggosoknya dengan kapas di ketiak. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Setelah itu kamu mandi. Gunakan masing-masing sebelum mandi.

11. Memanggang soda

Soda kue dipercaya sebagai penghilang bau badan karena dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Caranya adalah mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan 1 sendok teh perasan jeruk nipis lalu oleskan ke ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali secara teratur.

12. Alum

Tawas berbentuk seperti potongan kristal yang terlihat seperti batu dekoratif dan mengandung asam sulfat. Tawas mengandung sifat antiseptik dan antibakteri sehingga sering digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas itu mudah. Pertama, Anda perlu menghancurkan tawas sampai menjadi bubuk dan larut dalam air. Tambahkan handuk kecil lalu kompres ketiak menggunakan handuk. Lakukan kompresi berulang kali selama 15 menit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.