Bagi kamu yang sering menggunakan Komputer, laptop, atau gawai lainnya pasti akan lekat dengan yang namanya monitor. Terutama bagi kamu yang bekerja di perusahaan yang basisnya menggunakan computer sebagai modal sehari-hari, tapi taukah kamu bahwa sebenarnya ada organ tuhuh kamu yang harus bekerja secara terus-menerus yaitu Mata.  Mata kamu harus bekerja dan tidak berhenti saat kamu menggunakan computer setiap hari, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer? Berikut ini tips untuk kamu..

1. Beristirahat Secara Teratur

Sesibuk apapun kamu dalam menggunakan komputer, ada baiknya kamu untuk istirahat sebentar. Setidaknya istirahatkan mata kamu 20 menit sekali, dengan cara kamu memandang objek lain selama 20 detik – 30 detik. Objek yang dilihat jangan juga layar gawai ataupun hal yang berbau teknologi. Kamu bisa sekedar melihat orang lain, ataupun melihat lingkungan sekitar. Ini berguna agar otot mata kamu tidak kejang, dan juga tidak menyebabkan mata kamu terlalu lelah.

Selain itu kamu bisa beristirahat dengan beranjak dari tempat duduk, atau hanya pergi mengambil camilan.

2. Menggunakan Kacamata Sinar Biru

Bagi kamu yang memiliki masalah pada mata seperti rabun dan lain-lain pasti sudah biasa menggunakan kacamata. Namun jika kamu terlalu lama menggunakan kacamata biasa saat menatap layar monitor itu sama halnya kamu merusak mata kamu, karena monitor atau layar memiliki yang namanya sinar biru. Jadi usahakan kamu memakai kacamata sinar biru agar tidak menatap radiasi sinar biru yang keluar dari layar monitor kamu.

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang tidak rabun atau tidak menggunakan kacamata, ada baiknya kamu juga membeli kacamata sinar biru agar terhindar dari kerusakan mata.

  3. Gunakan Komputer di Ruangan yang Terang

Kamu punya kebiasaan mengggunakan Komputer dalam kondisi gelap? Ada baiknya kamu hilangkan kebiasaan itu. Karena ini akan membuat mata kamu rusak dan alih-alih menjadi rabun. Sebaiknya gunakan komputer di dalam kondisi ruangan yang terang, hal ini tidak akan memberatkan mata yang terlalu fokus menatap layar komputer. Carilah kondisi yang terang namun tidak terlalu terang, dan juga usahakan agar cahaya tidak memantul dari layar komputer kamu.

4. Pastikan Jarak Aman Mata dengan Layar Komputer

Ini hal yang pasti disepelekan oleh sebagian orang, yaitu jarak aman mata dengan layar monitor/komputer. Idealnya jarak aman adalah 33-59cm, hal ini akan menyebabkan mata kamu agar tidak terlalu lelah karena harus memandang pixcel layar yang terlalu dekat. Usahakan juga agar posisi monitor 10-15cm lebih kebawah dari pandangan horizontal mata kamu.

 

5. Jaga Kebersihan Layar Komputer

Selain menjaga mata kamu dengan hal-hal tadi, ada baiknya kamu juga membersihkan layar monitor kamu secara rutin. Selain jadi enak dipandang, jika kamu melakukan cara ini maka layar komputer kamu akan berada dalam posisi yang maksimal untuk dipandang. Juga kotoran tidak akan menganggu pandangan mata kamu ke layar monitor. Pastikan bahwa monitor kamu tidak ada sidik jari yang pastinya akan menganggu pandangan kamu.

6. Selalu makan makanan bergizi

Selain faktor external tadi, kamu juga harus memperhatikan bagian dalam tubuh kamu. Caranya adalah makan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E yang pastinya akan membuat mata kamu selalu sehat dan segar. Selain faktor mata ini akan membuat kamu tidak kelaparan saat menggunakan Komputer. Ya kali kamu lupa makan, 🙂

7. Atur Kecerahan Layar yang pas buat kamu

Selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, mengatur kecerahan layar juga akan membuat monitor kamu lebih awet. Jika terlalu cerah dalam mengatur kecerahan layar pastinya akan membuat mata kamu lebih cepat lelah, dan juga boros listrik tentunya. Atur kecerahan layar agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, atur sesuai dengan kondisi lingkungan kamu. Dan jangan lupa untuk menghidupkan lampu ruanganmu, ruangan gelap juka mempengaruhi kinerja mata kamu karena akan bekerja lebih keras jika ruanganmu gelap sementara monitor tetap menyala terang.

 

8. Gunakan Monitor yang besar dan Berkualitas

Bagi kamu yangsering berkutet dengan banyak data dalam layar monitor, ada baiknya kamu menggunakan monitor yang memiliki ukuran layar yang besar. Jadi mata kamu tidak akan terlalu tegang saat melihat layar monitor juga selain itu atur ukuran font agar nyaman dilihat dari jarak aman tadi.

Namun kamu jangan sampai salah membeli monitor yang hanya mempunyai  layar besar namun tidak memiliki kualitas yang bagu, pilih yang memiliki kerapatan pixel tinggi ataupun sudah memilihi sRGB yang berkulitas. Selain untuk kesehatan, monitor ini juga akan membuat mata kamu lebih nyaman saat menatap layar monitor.

9. Pilih Jenis monitor yang aman untuk mata

Selain ukuran jangan lupa untuk memperhatikan jenis monitor yang dipakai, ada banyak sekali monitor yang beredar di pasaran. Seperti Panel TN, CRT, LED, atau LCD. Tapi untuk kenyaman yang lebih ada baiknya kamu menggunakan monitor dengan panel LCD, karena warna yang dihasilkan akan lebih bagus dan lebih baik daripada panel layar lainnya.

 

 

Selain Tips tadi kamu bisa melakukan kegiatan ini untuk menjaga kesehatan mata kamu :

  • Selalu tidur atau istirahat yang teratur

Jangan anggap remeh tidur, mata kamu juga butuh tidur. Usahakan untuk tetap menjaga pola tidur kamu agar mata tidak selalu bekerja terlalu lama

  • Sering berkedip

Hal yang sering dilupakan saat menatap layar monitor adalah berkedip, apalagi jika kamu seorang gamer FPS yang menentukan hidup dan mati dalam hitungan detik. Usahakan sering berkedip agar mata kamu tidak kering

  • Menutup Mata

Jika kamu tidak ingin tidur atau sedang lembur, ada baiknya kamu menutup mata kamu selama 20 detik atau 1 menit. Ini akanmembuat mata kamu lebih rileks

  • Berjalan-Jalan

Meskipun pekerjaan kamu harus duduk di depan komputer. Tidak ada salahnya kamu untuk berjalan-jalan, selain melemaskan otot mata ini akan membuat pikiran lebih tenang dan fresh dari sebelumnya. Karena dengan berjalan – jalan saja kamu sudah memenuhi kebutuhan olah raga kamu.

  • Minum Air yang banyak

Karena kamu selalu banyak duduk, bukan berarti kamu tidak membutuhkan cairan. Usahakan agar kamu tidak dehidrasi atau kehausan. Ini juga berguna agar mata tetap lembab

  • Cuci Muka

Ini akan berguna untuk membuat kotoran diwajah juga area sekitar mata hilang, selain menghilangkan ngantuk kamu juga akan merasakan segar kembali. Kucek bagian kelopak mata sambil memijat kepala.

Itulah beberapa Cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna Komputer, caranya terlihat simple namun sering disepelekan dan banyak yang tidak peduli. Namun jika kamu memang ingin menjaga mata kamu agar sehat dan tidak rusak saat menggunakan komputer, ikutilah tips tadi. Dan jangan lupa untuk selalu minum, karena mata juga membutuhkan cairan. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu, dan jangan lupa untuk selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.