Bagi sebagian wanita menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat wajib dan rutin dilakukan. Karena dengan menjaga kesehatan tubuh, manusia akan terhindar dari mara bahaya penyakit. Tak jarang dewasa ini banyak wanita berlomba – lomba untuk menjaga kesehatannya dengan cara melakukan kegiatan diet ketat dan ohlaraga ketat. Namun sayangnya jarang sekali masyarakat yang tidak mengetahui bahwa diet ketat dan oharaga ketat bukan satu – satunya solusi bagi wanita menjaga kesehatannya. Banyak sekali yang perlu dibenahi terkait wanita dalam menjaga kesehatannya dikalangan masyarakat saat ini. karena ternyata banyak sekali cara – cara mudah untuk wanita dalam menjaga kesehatannya. Dan hal tersebut perlu diketahui untuk mengubah mindset masyarakat dewasa ini terutama untuk kalangan wanita. nah apa sajakah cara – cara mudah dan higenis untuk menjaga kesehatan wanita, tak hanya kesehatan tubuh namun juga kesehatan dalam bentuk skin care atau kesehaan kulit agar terlihat lebih cerah dan awet muda. Yuk simak yang berikut ini :

  1. Perbanyak Minum Air Putih.

Cara pertama untuk wanita menjaga kesehatannya adalah dengan cara memperbanyak minum air putih. hal in karena di dalam kandungan air putih tak memiliki kandungan kalori, lemak jahat, maupun karbohidrat serta gula sebagai sumber penyakit yang meneror. Bahkan beberapa pakar gizi pun turut merekomendasikan kepada tiap – tiap orang untuk minum air putih delapan hingga sepuluh gelas persetiap harinya hal ini supaya keadaan tubuh tetaplah terjaga dan stabil.

  1. Mengkonsumsi Sayur – Sayuran

Caa yang kedua untuk menjaga kesehatan wanita adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi tingi, dan makanan yang bernutrisi tingi lebih banyak terdapat pada sayur – sayuran. Sayuran hijau dan berdaun kaya akan nutrisi dan vitamin yang membantu kaum wanita menjaga diet seimbang serta mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Nah untuk Anda wanita Indonesia berikut adalah beberapa rekomendasi sayuran yang kaya akan vitamin dan baik untuk tubuh Anda.

  • Brokoli

Sayuran brokoli termasuk salah satu sayuran hijau yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Sayuran brokoli inipun mengandung zat sulforaphane, zat kimia yang dapat membantu tubuh untuk menurunkan kelebihan estrogen sehingga dapat menangkal dan mencegah risiko kanker.

  • Wortel

Bukan rahasia lagi jika wortel memang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh tertama pada bagian mata. Namun siapa sangka ternyata wortel memiliki tiga jenis warna yaitu wortel orang dan wortel merah. Wortel oranye pada umumnya memberikan sumber utama beta-karoten untuk tubuh manusia. Berbeda dengan wortel merah yang memiliki lycopene ekstra, serta  wortel ungu yang kaya akan  kandungan antioksidannya.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang lengkap dengan vitamin – vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Ternyata bayam memiliki karotenoid anti-kanker yang merupakan sumber zat besi untuk tubuh. Namun perlu dikatahui, jika Anda jangan terlalu lama memasak sayuran bayam ini. hal ini karena bayam akan kehilangan banyak nilai – nilai gizi yang ada di dalamnya.

 

  1. Istirahat Yang Cukup

Istiraha yang cukup atau memiliki kapasitas tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh manusia yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa manusia yang memiliki kapasitas tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri.

  1. Menghindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Melakukan kegiatan merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol memang sangat identik oleh kaum laki – laki. Namun tak dapat dipungkiri jika tak jarang pula sebagian wanita yang ada didunia ini juga turut mengonsumsi kedua bahan adiktif tersebut. Kebanyakan alasan – alasan yang kerap dikemukakan oleh kaum wanita yang mengkonsumsinya adalah bahwa kegiatan merokok dan mengkonsumi minuman yang mengandung alkohol dapat meredamkan rasa emosi dan meredakan stress dalam fikiran. Namun sayangnya hal ini justru sangat salah kaprah.

Wanita yang mengkonsumsi dua zat adiktif tersebut justru akan lebih rentan terkena efek yang sangat membahayakan pada tubuh. Apalagi bagi kaum wanita yang sedang hamil dan menyusui sang buah hati. Rokok mengandung banyak zat nikotin yang mampu menyebabkan penyakit kanker dan akan membahayakan bagi bagian payudara serta rahim yang adalah alat reproduksi wanita. Sama halnya dengan alkohol yang membahayakan tubuh wanita. Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol paling tidak 2 gelas dalam sehari mampu membuat tubuh mengalami risiko gangguan kesehatan payudara sebesar lebih dari 20%.

 

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung dan Berlebihan

Tak jarang kaum wanita biasanya kerap menggunakan pakaian yang mengekspos kulit dan keelokan tubuh mereka. Nah, namun hal ini ternyata justru akan sangat membahayakan tubuh apa bila mereka terlalu sering memakai dan menggunakan pakaian terbuka diatas teriknya matahari siang. Mengapa dapat berbahaya? Hal ini karena pakaian yang terlalu terbuka dapat  membuat kulit pada tubuh banyak terkena paparan sinar matahari siang. Dan jika tubuh terkena paparan sinar matahari siang terlalu sering dan tanpa menggunakan lindung kulit terlebih dahulu, hal itu akan membuat kulit pada tubuh lebih rentan terkena risiko penyakit kanker kulit dan penyakit – penyakit kulit lainnya.

Nah untuk itu, disarankan bagi Anda kaum wanita yang kerap melakukan aktifitas dibawah paparan sinar matahari langsung untuk secara rutin mengaplikasikan cream sunblock yang dapat melindung tubuh dan kulit dari sinar ultraviolet yang mengandung sun protection factor (SPF). Kegitan penggunaan sunblock lebih baik jika tidak hanya digunakan pada saat Anda ingin melakukan kegiatan dibawah sinar matahari siang namun terlebih gunakanlah pada saat Anda ingin bepergian atau berada di luar ruangan dalam waktu yang tidak sebentar. Selain itu, cobalah untuk menghindari pula menggunakan pakaian yang terlalu terbuka demi melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Meskipun Anda telah memakai pelindung sinar ultraviolet namun cobalah untuk sebisa mungkin menjauhi paparan sinar matahari siang yang sangat menyengat dengan menggunakan pakaian – pakaian yang sangat terbuka atau minim. Mulailah belajar untuk mewaspadai kesehatan diri Anda sendiri. Dan hal yang terakhir adalah cobalah untuk segera memeriksakan tubuh Anda apabila mulai timbul tanda – tanda seperti perubahan bentuk maupun warna pada kulit secara signifikan, munculnya bintik – bintik maupun kemerahan yang timbul pada area kulit, serta gejala – gejala tak wajar lainnya.

  1. Melakukan Kegiatan Ohlaraga Seminggu Sekali.

Langkah yang terakhir dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada wanita adalah dengan melakukan kegiatan olahraga seminggu sekali. Olahraga sangat baik untuk tubuh hal ini juga bisa menjadi penyeimbang bagi tubuh Anda yang sedang melakukan diet. Aktivitas fisik seperti kegiatan olahraga ini mampu menjadikan tubuh terasa lebih bugar, karena metabolisme yang terjadi di dalam tubuh menjadi lancar, aliran darah pun juga akan turut berjalan lancar, detak jantung menjadi lebih sehat dan normal kembali, serta keringat yang dihasilkan dari kegiatan ohlaraga ini mampu mengeluarkan toksin dan racun dari dalam tubuh Anda.

 

  1. Menjauhkan Diri Dari Stres

Ya saat kita stres, tubuh akan memompa dan memacu hormon stress sebagai bagian dari respons stres yang berkepanjangan. Nah, hormon ini akan mengarahkan darah mejauh dari kulit. “Pada kasus stres yang kronis membuat kulit menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi penting” Kata Dr. Whitney Bown, Ahli Kulit Di Nevada. Maka dari itu kita harus menjauhkan diri dari stres agar kulit senang tiasa sehat agar oksigen dapat memenuhi kebutuhan kulit.

.

.

Nah itu tadi adalah enam cara menjaga tubuh wanita agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk Anda yang ingin memulainya cobalah untuk mencoba cara – cara tersebut secara satu persatu. Mungkin akan susah untuk diterapkan dalam kegiatan sehari – hari namun namun akan lebih susah lagi jika Anda melakukan diet ketat serta ohlaraga ketat tanpa pemantauan orang – orang yang ahli dalam bidangnya. Nah silakan mencoba dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat pada diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.