Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan semua orang, namun banyak yang tidak menyadari bahwa disamping merawat anggota tubuh kita diharuskan untuk tetap menjaga kesehatan organ pencernaan. Karena didalam organ pencernaan semua tenaga yang kita butuhkan berasal, juga merawat organ pencernaan adalah salah satu cara untuk tetap sehat.

Menjaga kesehatan oragan pencernaan itu sebenarnya mudah asalkan Anda mau berusaha .Berikut ini telah kami sediakan cara menjaga kesehatan organ pencernaan  yang bisa Anda praktikan dalam kehidupan sehari-hari.

          1. Makan Makanan yang Bersih

Untuk memiliki organ pencernaan yang sehat, ada baiknya untuk selalu memperhatikan tentang kebersihan makanan yang tersedia. Karena makanan yang Anda makan adalah benda yang akan bersentuhan langung dengan organ pencernaan. Selain itu perhatikan tentang jenis makanan yang akan dimakan, pilihlah yang tidak mengandung banyak pengawet dan juga pewarna karena akan berdampak buruk pada kesehatan organ pencernaan.

Selain menjaga kebersihan makanan, diharuskan untuk menjaga kebersihan badan terutama tangan. Karena tangan lebih banyak bersentuhan dengan benda-benda lain, ini yang menyebabkan diharuskan untuk mencuci tangan sebelum makan. Agar makanan yang sudah bersih tidak membawa kuman yang masih berada di tangan.

          2. Rajin Minum Air

Cara sehat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan yang baik adalah dengan rajin untuk meminum air. Dianjurkan setiap hari untuk mengonsumsi air putih, air putih akan berguna sebagai media pembantu dalam organ pencernaan. Ada baiknya untuk mengonsumsi air sesuai anjuran yaitu 8 gelas dalam sehari (2 liter). Selain itu air yang masuk akan membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga gizi yang sudah dicerna oleh organ pencernaan dapat disalurkan dengan mudah ke seluruh tubuh.

Meminum air dapat berbeda takarannya apabila kondisi cuaca, lingkungan, aktivitas Anda berbeda. Jika banyak melakukan aktivitas gerak dan juga banyak mengeluarkan keringat ada baiknya untuk lebih banyak mengonsumsi air daripada biasanya.

          3. Rajin Berolahraga

Olahraga tidak hanya berguna untuk kesehatan anggota badan, namun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Olahraga yang teratur dalam membantu organ pencernaan dalam melancarkan metabolisme tubuh, olahraga akan membuat aliran darah lebih aktif sehingga gizi yang sudah diserap oleh organ pencernaan dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Olahraga yang teratur juga akan mencegah penyakit seperti sembelit dan juga diare. Karena disaat kita berolahraga maka tidak hanya anggota badan yang bergerak namun organ pencernaan juga akan aktif berfungsi untuk menyuplai gizi ke seluruh badan. Anda bisa melakukan olahraga seperti jogging, push up, yoga, maupun olahraga lainnya.

          4. Menjaga Pola Tidur

Untuk memiliki organ pencernaan yang sehat diperlukan istirahat yang cukup. Terlalu banyak bergadang tidak hanya membuat Anda sakit, namun juga akan membuat organ pencernaan sering bekerja. Padahal organ pencernaan juga membutuhkan istirahat. Selain itu pola tidur yang teratur dan juga terjadwal akan mencegah Anda dari penyakit lain, tidur akan membuat tubuh untuk berada dalam mode istirahat dan juga akan mengembalikan energi yang telah dibuang saat Anda bangun.

Bergadang akan membuat tubuh untuk malas bangun pada pagi hari, inilah yang menyebabkan banyak orang yang bergadang malah lebih mudah sakit. Karena pada pagi hari adalah waktu dimana tubuh untuk menyerap energi secara lebih dan membuat tenaga untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

 

          5.Hindari Stress

Mengalami stress akan membuat produksi asam lambung lebih tinggi, hal ini berdampak buruk pada kesehatan organ pencernaan. Asam lambung yang berlebih dapat menyakiti lambung itu sendiri dan dapat menyebabkan organ pencernaan lain terganggu. Selain itu tubuh akan memberikan perintah kepada organ pencernaan agar tidak bekerja dengan semestinya, ini yang dapat menyebabkan berbagai penyakit masuk kedalam tubub terutama terganggunya kesehatan organ pencernaan.

Untuk memiliki organ pencernaan yang sehat sebaiknya Anda mengindari stress, terutama stress berat yang membuat malas makan dan menjadikan tubuh malas untuk bergerak. Selain menghindari stress berguna untuk kesehatan organ pencernaan, menghindari stress dapat membuat tubuh Anda terhindar dari penyakit.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan organ pencernaan, caranya terbilang mudah asalkan Anda bisa mengatur dan menjaga diri Anda dari hal yang bisa membahayakan sistem organ pencernaan. Selalu konsumsi makanan yang berserta dan jangan terlalu makan makanan yang berlemak. Terutama jika Anda pernah mengalami penyakit seperti diabetes maupun penyakit organ pencernaan lainnya, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Semoga artikel ini membantu anda dalam menjaga kesehatan organ pencernaan, karena lebih menjaga daripada mengobati. Yang tentunya biaya berobat itu bisa membuat keuangan Anda terkuras dan juga menganggu aktivitas sehari-hari. Sampai jumpa dan salam sehat!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.