Bagi ibu – ibu yang ada dunia ini menjaga kesehatan sang buah hati adalah salah satu keharusan yang dilakukan oleh orang tua. Tak terkadang para ibu – ibu juga mencekoki sang buah hati dengan berbagai suplemen dan vitamin – vitamin dari dokter yang sudah terpercaya. Namun tahukah Anda para ibu – ibu bahwa sesungguhnya memberikan vitamin dan suplemen makan bagi sang buah hati ternyata bukanlah satu satunya jalan solusi untuk menjaga kesehatan sang buah hati Anda. Hal tersebut terkadang justru hanya akan membuat anak – anak merasa tersakiti lantaran harus meminum obat – obatan yang harus dikonsumsi setiap hari.

Padahal sesungguhnya menjaga pola makan sang buah hati dan memberinya asupan – asupan dari buah – buahan dan sayur – sayuran dapat menjadi alternative lain bagi para ibu – ibu yang ingin menjaga kesehatan bagi sang buah hatinya. Namun sebagian anak – anak terkadang enggan untuk mengkonsumsi sayur – sayuran secara langsung nah itu adalah sesuatu yang menantang bagi para ibu – ibu didunia dalam pandai – pandai mengelolah masakan untuk dijadikan salah satu menu makanan favorite bagi sang buah hati.

Untuk itu saat ini Sahabat Panduan Sehat akan membahas apa sajakah menu – menu makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan bagi sang buah hati. Tentu saja selain sehat menu ini akan disukai oleh sang buah hati Anda. Apa sajakah itu yuk cek dibawah ini :

       1.Sayur Sop

Sayur Sop adalah salah satu sayuran dengan berbagai macam – macam bahan sayur – mayur segar didalamnya yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat besar Indonesia. Menu sayur sop ini dapat menjadi alternative para ibu – ibu untuk menjaga kesehatan sang buah hati Anda. Tentu saja dengan keberagaman isinya, jika sang buah hati tidak terlalu menyukai sayur cobalah isi sayur sop dengan daging sapi ataupun ayam ditambah dengan irisan bakso. Cobalah mmberikannya nutrisi seimbang yaitu dengan cara memberi satu potong daging ayam atau daging sapi, kemudian satu iris masing – masing sayur – sayuran dan yang terakhir berikan bakso seiris. Cara ini akan mengenalkan rasa sayur – sayuran kepada sang buah hati.

Kandungan sayur sop ini cukup komplit dan banyak untuk menjaga kesehatan manusia dan anak kecil. Sayur sop adalah salah satu menu praktis yang banyak dimasak ketika para ibu – ibu ingin memenuhi nutrisi sang buah hati dengan waktu memasak yang sangat singkat. Sayur sop banyak mengandung energy yaitu sebesar 27 kilokalori, protein 1,3 gram, karbohidrat sebesar 1 gram, lemak 2 gram, kalsium 168 miligram, dan fosfor 57 miligram, serta zat besi sebanyak  1,8 miligram.  Tidak hanya nutrisi – nutrisi tersebut namun sayur sop juga terkandung vitamin A sebanyak 67 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0,2 miligram dalam sayur – sayurannya tersebut.

2.Omelet Telur

Bagi para ibu – ibu yang tidak memiliki cukup banyak waktu dalam memasak cobalah untuk membuat omelet telur yang diisi dengan wortel, daun bawang dan irisan kecil – kecil tomat. Biasanya menu omelet telur ini dimasak untuk dijadikan sebagai sarapan pagi. Hal ini lantaran omelet telur mudah dan sangat cepat untuk dimasak. Apa lagi untuk para ibu – ibu yang sudah mempersiapkan bahan – bahannya didalam kulkas tentu saja memasaknya tidak perlu memakan waktu kurang lebih lima menit.

Omelet telur atau yang biasanya dikenal dengan sebutan telur dadar cukup banyak mengandung vitamin – vitamin yang dapat menjaga kesehatan sang buah hati.  Omelet telur banyak mengandung energi sebesar 259 kilokalori, protein 11,7 gram dengan kandungan karbohidrat sebesar 0 gram, kalsium 54 miligram, dan zat besi 2,7 miligram.  Selain itu di dalam kandungan omelet telur juga terkandung beragam macam vitamin yaitu vitamin A sebanyak 900 IU, vitamin B1 sebesar 0,1 miligram dan vitamin C sebesar 1 miligram.  Tentu saja hal ini akan membuah tubuh sang buah hati para ibu – ibu untuk terjaga lebih fit dan menghasilkan cukup energy untuk digunakan sebagai kegiatan sehari – hari.

3.Salad Buah

Tahukah Anda jika ternyata selain diolah sebagai minuman,ternyata buah – buahan saat ini sangat popular untuk dijadikan salad. Dengan salad buah, tubuh dapat memperoleh manfaat vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, ternyata masyarakat Indonesia masih banyak yang meragukan salad buah hal tersebut karena mereka menganggap buah – buahan tidak cukup sehat karena banyak mengandung gula. Faktanya adalah salad buah sangat banyak mengandung vitamin – vitamin yang dapat membuat tubuh sang buah hati untuk senanriasa selalu sehat. Dalam semangkuk salad buah minimal terdapat tiga hingga empat macam jenis buah yang kesemuanya memiliki mineral yang sangat tinggi.

4.Gurame Goreng Krispy

Nah ini menu yang ketiga ini memang cukup runyam dan butuh waktu memasak yang cukup lama. Hal itu karena untuk membuat gurame goreng krispi yang baik, ibu – ibu disarankan untuk menggunakan bahan – bahan alami dan tidak menggunakan bumbu instan yang terjual di minimarket. Biasanya gurame goreng krispi ini dijadikan makan siang untuk sang buah hati. Mengapa harus gurame? Nah manfaat serta kandungn gizi yang terdapat pada ikan gurame tergolong sangat baik, sebenarnya tidak hanya pada ikan gurame saja, namun ikan – ikan yang lain juga sama halnya dengan ikan gurame. Kebanyakan ikan – ikan yang dpat disantap sebagai hidangan memang memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Apa saja yang kandungan dan manfaat ikan gurame, berikut adalah rinciannya :

  • Mengandung protein yang sangat tinggi

Ikan gurame mengandung protein sebesar 19%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan lele, ikan nila, maupun ikan mas yang berkisar antara 18,2%, 16,1% dan 16%.

  • Mencegah Penyakit Kwarsiorkor

Penyakit kwarsiorkor biasanya dapat menyerang pada anak – anak yang mengalami kekurangan asupan protein dalam tubuh,  dan biasanya menyerang pada anak – anak dengan rentan usia 1 hingga 3 tahun. Ciri – ciri anak yang terkena penyakit ini adalah pertumbuhan badan yang kurang maksimal, kaki serta lengannya kurus, dan biasanya pada bagian atau area wajah terlihat bengkak.

5.Burger

Burger adalah salah satu menu makanan yang sangat banyak digemari oleh anak – anak atau sang buah hati, hal tersebut lantaran burger terdapat roti yang diisi dengan daging dan sayur – sayuran.ditambah dalam komponen burger biasanya para ibu –ibu bisa menambahkan komponen lain yaitu alpukat serta keju. Komponen tersebut memang banyak digemari oleh anak – anak tak jarang para iu – ibu yang tidak cukup memiliki waktu banyak untuk memasak biasanya membuat menu makanan burger sebagai menu sarapan. Hal itu menjadi alternative bagi para ibu – ibu di dunia untuk  menyediakan gizi yang baik dan komplit untuk sang buah hati.

Biasanya burger berisi selada, tomat, daging, mentimun , telur dan keju. Daging memiliki kandungan gizi yang tinggi, sedangkan telur dapat menambah imunitas tubuh, timun dapat menghindarkan sang buah hati dari darah tinggi, tomat dan selada memiliki kandungan vitam E, C dan D.

Demikian yang dapat kita bagi pada kesempatan kali ini mengenai kandungan gizi dan manfaat – manfaat yang ada didalam menu makanan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda para ibu – ibu untuk menjaga kesehatan sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.