Memiliki kulit yang mulus dan juga indah adalah dambaan semua orang, namun itu hanya sekedar ekspetasi belaka apabila kulit kita mengalami permasalahan seperti kulit kering. Meskipun bukan masalah serius namun taukah Anda bahwa kulit yang kering bisa jadi awal dari penyakit. Kulit yang kering lebih mudah dimasuki bakteri dan juga rawan mengelupas. Selain itu memiliki kulit kering juga akan mengganggu penampilan sehingga jika orang melihatpun akan merasa risih.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan pada kulit kering dan ingin mengatasinya, dibawah ini telah kami sediakan cara mengatasi kulit kering secara alami yang tentunya bisa Anda lakukan sendiri. Seperti apakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

 

         1. MANDI AIR HANGAT

Penyebab utama dari kulit kering adalah hilangnya lapisan lemak alami diatas kulit, biasanya kulit kering akan dialami oleh orang yang sering mandi dengan air panas. Memang mandi dengan air panas terlihat menyenangkan namun itulah yang menjadi penyebab awal dari kulit kering. Jawaban mudahnya adalah dengan mandi air hangat, namun Anda jangan mandi dengan air hangat secara terus menerus karena bisa menyebabkan kulit lebih kering daripada sebelumnya.

Mandi air hangat dianjurkan selama 5-10 menit, selain itu Anda bisa menggosok bagian kulit yang kering dengan air hangat dan juga waslap bayi. Jika anda melakukan kegiatan ini secara rutin dan terjadwal maka kulit kering Anda bisa teratasi.

 

         2. KERINGKAN TUBUH DENGAN BAIK

Selain memperhatikan air mandi, Anda juga harus memperhatikan pola dalam mengeringkan badan. Terutama Anda harus memperhatikan tentang handuk yang sering digunakan, jika ingin mengatasi kulit kering gunakan handuk yang memiliki permukaan lembut dan juga tidak menyebabkan kulit tergores maupun iritasi.

Selain itu Anda harus benar-benar mengeringkan badan setelah mandi, biasanya kita membiarkan tubuh kita kering secara sendirinya terutama pada bagian lengan maupun wajah. Saat mengeringkan tubuh sebaiknya dengan cara menepuk tubuh yang basah dengan handuk agar tidak terjadi gesekan pada kulit yang kering.

         3. GUNAKAN SABUN MANDI YANG TEPAT

Salah dalam memilih sabun inilah yang menyebabkan kulit Anda bisa kering, banyak sekali berbagai macam merk dan tipe sabun. Jadi untuk mengatasi kulit kering Anda harus memilih sabun yang cocok dengan tipe kulit Anda, jangan hanya berpikir bahwa sabun kesehatan atau sabun kecantikan biasa bisa membuat kulit Anda akan terhindar dari kulit kering. Sebaiknya pilih sabun yang tidak memiliki pewangi dan juga pewarna, selain itu pilih yang memiliki label Moisturizing.

Selain itu jangan terlalu banyak dalam memakai sabun, usahakan untuk memakai sabun secara cukup. Ini berguna agar jaringan lemak pada kulit Anda tidak benar-benar terkuras dari kulit. Lemak pada kulit berguna untuk membuat kulit lembab dan terhindar dari kekeringan.

 

         4. GUNAKAN LOTION PELEMBAB

Cara mudah lainnya adalah menggunakan lotion pelembab untuk kulit anda, lotion ini berguna untuk melapisi kulit yang kering dan juga untuk mencegah sinar matahari yang terlalu banyak untuk masuk ke lapisan kulit. Saat menggunakan lotion juga harus memperhatikan tingkat ketebalan lotion pada kulit, jangan sampai memakai terlalu banyak lotion karena akan mengganggu sistem ekskresi kulit pada kulit.

Kulit juga mengeluarkan keringat, keringat ini berguna sebagai sistem perlindungan dan juga sistem ekskresi kulit. Lotion yang terlalu tebal malah akan membuat keringat sulit keluar atau malah membuat bagian tubuh yang anda beri lotion akan terasa basah dan tidak enak. Jadi ada baiknya menggunakan lotion pelembab secara cukup.

         5. BANYAK MINUM AIR

Penyebab lain dari kulit kering adalah kurangnya cairan dalam tubuh, terutama jika Anda jarang minum terutama minum air putih. Kekurangan cairan akan menyebabkan sistem metabolisme ternganggu dan dapat mengganggu kesehatan Anda. Ada baiknya untuk menjaga pola minum 2 liter atau 8 gelas dalam sehari, ini agar jaringan dibawah kulit bisa membantu untuk memenuhi cairan diatasnya.

Banyak minum juga diperlukan apabila Anda sering terpapar sinar matahari maupun sering berada dalam ruangan ber-Ac, karena tubuh akan banyak mengeluarkan banyak cairan saat bernapas ataupun berkeringat. Minum yang baik adalah minum air putih dan susu setiap hari, Ini akan membantu regenerasi kulit secara berangsung-angsur.

Itulah lima cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa Anda lakukan setiap hari, apabila melakukannya secara rutin dan terjadwal maka kulit kering yang Anda alami bisa teratasi seiringnya waktu. Dan juga cara ini tidak terlalu memakan biaya yang lebih seperti kita melakukan mandi susu maupun melakukan perawatan serius dengan dokter. Cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan juga akan memberikan dampak positif pada kulit anda. Semoga kulit Anda semakin cantik dan juga masalah kulit anda teratasi, sekian dan terima kasih telah membaca artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.